Racun Kalajengking dan Pencegahannya | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Racun Kalajengking dan Pencegahannya



Kalajengking adalah makhluk yang kecil, panjangnya sekitar 6-10 cm. Binatang Ini memiliki tubuh tersegmentasi, dengan dua kelenjar beracun di ekornya. Binatang ini memegang korbannya dengan capit dan mendorong maju ekor dan menyuntikkan racun kalajengking ke dalam tubuh korban.

Kalajengking adalah binatang di alam nokturnal, yaitu bergerak di sekitar selama malam. Selama siang hari, kalajengking tetap bersembunyi di berbagai tempat yang gelap, seperti Sepatu, di pakaian/ranjang, di tanah, di belakang mebel, Ranting daun mereka juga ditemukan dalam berbagai retakan di dinding, dan di bawah batu, dalam vegetasi / Taman, dll. Oleh karena itu berhati-hatilah ketika anda memakai barang yang hendak dipakai karena terdapat kalajengking didalamnya yang siap dengan racun kalajengkingnya.


Binatang ini biasanya bergerak selama musim hangat dan, oleh karena itu, sengatan racun kalajengking mungkin terjadi lebih di musim panas, pada saat malam hari.

Kebiasaan binatang ini tidak melompat dan menyengat seseorang. binatang memberikan racun kalajengkingnya ketika seseorang datang dan langsung kontak dengan mereka, atau mengganggu mereka. Anak-anak sangat ceroboh, saat menangkap kalajengking, yang akhirnya mendapatkan sengatan.

Saat terkena racun, maka dalam hitungan menit, pasien tiba tiba jatuh, dengan kondisi tidak bergerak dan tanda-tanda racun muncul. Jika ia masih bertahan dari racun, berhati-hatilah, karena dia cenderung akan jatuh dalam hitungan setengah jam kemudian, hal ini tergantung dari tingkat racun diserap. kondisi dari berbagai gejala dan tanda-tanda diatas, dapat dijelaskan bahwa hal ini berbeda dengan gejala terkena racun kalajengking.

Karena racun kalajengking diketahui menyebabkan efek luka di berbagai sistem penting dalam bagian tubuh, secara berturut, misalnya pada sistem saraf, sistem kardiovaskular/pernapasan, dll. Pasien mengalami banyak masalah serius yang berkaitan dengan beberapa organ-organ tubuh. Seolah-olah pasien menderita berbagai penyakit mematikan pada waktu yang sama.

Pasien yang terkena racun kalajengking menjadi sangat gelisah dan menunjukkan tanda-tanda mengantuk, dan mungkin menjadi tidak sadar. Ia mungkin juga ditandai dengan keluhan palpitasi dan kesulitan dalam pernapasan, atau mengalami sesak napas. Mungkin ada yang mengalami keringat yang sangat banyak yang mungkin terlihat seperti pasien mandi dengan peluh-nya sendiri. Juga, ada keluarnya air liur berlebihan atau lacrimation atau berlebihan aliran air mata yang keluar dari mata.

lama-kelamaan debar jantung mungkin menjadi tidak teratur, dan keluhan pasien dapat berupa nyeri di dada, seperti dalam kasus serangan jantung. Paru-paru terlalu cepat dibanjiri dengan cairan (edema paru). Dan cairan di paru-paru mungkin akan menjadi banyak dengan buih berwarna pink yang mulai mengalir keluar dari mulut dan hidung pasien yang mengalami keracunan oleh racun kalajengking.

dalam beberapa kasus, Tekanan darah akan meningkat tajam ke tingkat diatas ambang normal.

Semua fluktuasi dan komplikasi dari beberapa system ini, membuat kondisi pasien yang terkena racun kalajengking tidak hanya buruk, tetapi juga membuat pengaturan system dalam tubuh sangat sulit dan rumit, bahkan di rumah sakit yang dilengkapi dengan fasilitas unit perawatan intensif (ICU) tidak akan membantu.

Dengan berjalannya waktu, kondisi pasien yang mengalami racun kalajengking menjadi lebih gawat. Selain membuat kondisi menjadi lebih buruk, sistem yang lain mungkin juga akan terkena imbasnya . Perdarahan dapat terjadi pada berbagai bagian tubuh. Pasien mungkin akan muntah darah, atau keluarnya darah dalam tinja atau dalam urin. Kelumpuhan satu sisi tubuh (hemiplegia) dapat terjadi karena pendarahan di otak. Pankreatitis mungkin juga terjadi, menyebabkan rasa sakit di perut. Pasien akan memasuki tahap yang mengkawatirkan, bahkan darah melewati urin, serta darah keluar dengan sendirinya bersama airbesar, dalam keadaan delirium.

Dalam kasus serius tersebut, kematian biasanya akan terjadi seketika, atau setiap saat dalam waktu 24 jam. Kemungkinan pemulihan dapat dilakukan jika sejak awal gejala dan tanda-tanda sebelum fatal tidak terjadi, dan pasien berada sebuah rumah sakit yang cocok pada tahap awal saat pasien terkena racun kalajengking.


Cara Pencegahan  terhadap Racun Kalajengking
Cara termudah dan tercepat untuk menghapus kalajengking adalah dengan memanggil seorang profesional yang dapat melakukan pemeriksaan permasalahan di area rumah Anda yang dapat memperkecil terhadap serangan racun kalajengking. Ada hal kecil dan sederhana yang Anda dapat lakukan, dan bagaimanapun itu akan sangat mengurangi dari sengatan racun kalajengking

Membersihkan halaman

Kuncinya adalah dengan menghilangkan hal-hal yang menyediakan tempat yang nyaman bagi kalajengking untuk bersantai. Sikat tumpukan, tumpukan kayu, batu-batu besar, potongan kayu, dan bahkan mainan anak-anak, karena mainan anak-anak adalah tempat di mana kalajengking dapat berlindung, bereproduksi, yang dapat mempersiapkan diri kalajengking untuk mengeluarkan racun kalajengking. Selanjutnya, memindahkan menyesuaikan lansekap. Kayu serpih, kulit, dan tanah gembur adalah lokasi yang mudah untuk kalajengking menggali dari bawah.

Memperbaiki struktur luar rumah Anda

Seperti yang lainnya, kalajengking mengikuti jalan yang ada sedikit celah. Tutup jalur yang ada sedikit celah dengan mengisi retak dan celah-celah di luar struktur dan didalam rumah Anda. Usahakan mata Anda terbuka untuk melihat retak-retak terutama retak kecil dimana binatang seperti kalajengking dengan mudah dapat menekannya. Lihat dan cek di dekat keran air kolam, kemudian daerah dimana kabel memasuki rumah, dan AC dengan selang yang menyertainya dan kabel lain yang memasuki rumah. Celah sekecil apapun terkait dengan area ini adalah pintu masuk yang sempurna untuk kalajengking melakukan serangannya yaitu dengan racun kalajengkingnya.

Memperkuat dari dalam

Banyak cara seperti memasuki dinding rumah melalui retak dan celah-celah, kalajengking akan bergerak dari dinding ke lantai dapur melalui celah-celah dalam rumah. Gunakan pistol dempul standar untuk mengisi celah-celah yang dekat dengan aspek air, skalar, perlengkapan dan kipas langit-langit. Selain itu, tutup  tempat makanan dan aliran air dengan memperbaiki kebocoran yang ada, menghapus remah-remah, dan pastikan tempat makan hewan peliharaan dalam kosong di malam hari. Pastikan rumah terjaga dengan rapi. Rapikan handuk basah, koran, dan Binatu, karena kalajengking akan menggunakan item ini sebagai penutup atau tempat berlindung. Menggunakan hewan peliharaan dan predator adalah satu saran terakhir untuk membawa pemangsa yang tidak takut untuk mengambil kalajengking. Kucing rumahan dapat menjadi sangat efisien sebagai hewan pemangsa, meskipun Anda akan mengambil risiko kucing rumahan memperoleh sengatan racun kalajengking, yang biasanya tidak akan mengakibatkan cedera permanen. Ayam juga sebagai hewan predator besar dapat digunakan karena mereka makan hal menyeramkan dan merayap, seperti kalajengking.

Cara Pencegahan  terhadap Racun Kalajengking versi lain tapi senada dengan diatas

(i) sepatu harus goyang-goyang terlebih sebelum digunakan, terutama lama tersimpan di satu tempat dalam waktu yang lama.


(ii) semua pakaian, terutama handuk, seprai, selimut, dll, harus benar-benar diperiksa sebelum digunakan.


(iii) ruang antara dinding dan perabotan harus dibersihkan secara teratur.


(iv) semua lubang/retakan di dinding/lantai dasar/rumah-rumah tua harus tertutup rapat dan lakukan perbaikan jika memang harus diperlukan.

(v) semua sampah di dan di sekitar rumah harus dibuang.



(vi) harus ada perawatan yang teratur terhadap padang rumput di halaman rumah.


(vii) tempat umum, terutama kebun, harus diperiksa secara teliti, dan anak-anak diwajibkan tidak bermain di sana saat gelap.

(viii) orang, terutama anak-anak, pada saat wisata/trekking/ piknik tidak harus melalui daerah yang banyak tumpukan batu, dan tidak boleh pergi dekat dengan terlalu banyak tanaman, atau di mana banyak dari puing-puing yang berserakan. Ingat selalu gunakan sepatu bot dalam situasi seperti itu.



Setelah mengambil beberapa tindakan pencegahan tersebut,  tidak ada salahnya untuk memanggil orang professional sebagai sentuhan akhir untuk mengantisipasi racun kalajengking. Meskipun Anda menyewa orang profesional di rumah Anda, lakukan penyemprotan untuk hama lainnya seperti kecoa dan jangkrik karena kalajengking makanan utamanya adalah serangga kecil ini.

Informasi mengenai racun kalajengking membuat kita lebih mengerti bahwa pencegahan adalah cara yang hanya tepat jika berurusan dengan masalah ini, jika itu tidak benar benar diperhatikan, maka akanmemiliki konsekuensi yang mematikan.

sumber:
http://EzineArticles.com/930742
http://EzineArticles.com/930744
http://EzineArticles.com/2572742
http://EzineArticles.com/930753

0 Response to "Racun Kalajengking dan Pencegahannya"