Apa itu kalajengking cambuk? | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Apa itu kalajengking cambuk?



Kita mungkin pernah melihat kalajengking elegan dengan penjepit mereka yang berukuran lebih mungil, sekarang mari kita lihat kupas secara detail tentang mereka, yaitu kalajengking cambuk dengan cakar mereka sendiri yang memiliki penjepit yang agak menyeramkan.

Kalajengking Cambuk, juga dikenal dengan nama aneh sebagai Vinegaroons (cuka), yaitu seperti laba-laba yang tebal, serta tubuh yang besar. Kebanyakan dari mereka berukuran 3 cm (1.2 in) panjangnya atau mungkin ada yang kurang dari itu, tapi yang terbesar dapat mencapai panjang 8.5 cm (3.3 in). Mereka memiliki 8 kaki, seperti laba-laba unta yang ada disekitar kita, mereka hanya menggunakan 6 kaki dari mereka untuk berjalan. Pasangan kaki yang pertama lebih panjang dan lebih tipis daripada yang lain dan digunakan sebagai antena. Penampilannya agak menyeramkan.

Hewan ini diberi nama Kalajengking Cambuk karena memang memiliki bentuk mirip seperti kalajengking. Cukup sesuai memang. Tetapi bila dilihat dari sengatan ekornya, mereka memiliki sengatan ekor yang panjang dan tipis. Ini bisa terlihat seperti cambuk, tetapi saya tidak berpikir itu digunakan sebagai sengatan. Mengapa bisa saya kita katakan demikian, karena jika binatang ini merasa terganggu dia menggunakan ekor untuk menyemprotkan asam yang  Baunya seperti cuka, berasal dari hal itulah makanya dinamakan Vinegaroons. Semprotan Kalajengking Cambuk ini tidak menimbulkan bahaya apapun kepada manusia tapi kita bisa menduga bahwa hal yang dilakukan oleh binatang ini cukup bagus untuk melawan segala macam pemangsa. Hal yang baik juga, karena kalajengking cambuk ini tidak memiliki kelenjar racun. Tidak ada sengatan yang menyakitkan untuk melindungi tubuh kalajengking gemuk tersebut, dan perlindungannya adalah datang dengan sesuatu yang lain.

Walaupun tanpa racun coba lihat cakar mereka! Kalajengking Cambuk telah menjadi kuat, dan mampu menghancurkan kuku. Memang tanpa racun atau jaring, tetapi mereka mampu mengandalkan kekuatan kasar dan besar untuk mengatasi mangsa. Hal-hal itu sangatlah mengesankan!

Dengan ini mereka dapat bergulat dengan serangga kecil dan kaki seribu sebagai mangsanya, meskipun mempunya cakar yang lebih besar Kalajengking Cambuk juga dapat menangkap vertebrata kecil. Apa pun mangsa, kalajengking cambuk hanya mengambilnya dan meremukkan menggunakan penjepit yang tangguh. Kemudian membawa mangsa tersebut ke liang gelap, lembab kedalam sarangnya. Dan mereka mencari makan pada malam hari.

Seperti kalajengking lain, kalajengking cambuk juga induk yang peduli kepada telurnya dan membawa anaknya di atas punggung. Akan ada sekitar 35 dari anak mereka yang akan hidup. induk meninggal setelah anaknya pergi melalui sarang pertama mereka dan meninggalkan sarang tersebut.
Kalajengking cambuk muda mengambil sekitar 3 tahun untuk mencapai usia dewasa, setelah mereka mencapai usia sekitar 4 tahun, hidup meninggalkan induk mereka. Sesuai dengan kenyataan yang ada,  ketika datang masanya untuk memiliki anak, merawat anak mereka.

sumber:
http://www.realmonstrosities.com/2011/07/whip-scorpion.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Ketonggeng

0 Response to "Apa itu kalajengking cambuk?"