DEFINISI PARKINSON | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

DEFINISI PARKINSON





Tangan dan anggota badan lain sering gemetar tiada sebab? Bagaimana mengatasinya?

Anggota gerak yang sering gemetar atau dikenal dengan tremor merupakan keluhan yang sering terjadi dan cukup mengganggu. Tremor dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi atau kelainan. Tremorfisiologis atau normal dapat terjadi pada orang dengan kelelahan otot yang berat atau kecemasan yang tinggi. Tremor patologis dapat disebabkan oleh klainan hormon tiroid, konsumsi alkohol yang merusak sel saraf, efek samping dan obat tertentu maupun kelainan bawaan. Diantara tremor patologis yang terkenal adalah tremor akibat Penyakit Parkinson. Namun demikian, tremor ptologis paling banyak disebebakan oleh kondisi yang disebit sebagai tremor esensial. Tremor esensial merupakan gangguan dan sistem saraf yang mengakibatkan terjadinya getaran bergetar yang berulang pada anggota gerak. Kelainan ini dapat mengenai seluruh bagian tubuh, namun terutama pada bagian tangan. Keluhan muncul terutama saat melakukan pekerjaan sederhana, seperti mengangkat gelas, mengikat talis sepatu, atau saat bercukur, atau menulis. Gangguan ini juga dapat mengenai kepala, bahu dan tangan. Meskipun kelainan ml bukan masalah yang mengkhawatirkan, namun lama kelamaan dapat bertambah parah dan sangat mengganggu. Terkadang penderita menduga Sebagai penyakit parkinson. Kelainan ini dapat mengenai semua umur, namun terutama pada orang tua. Karena memiliki beberapa persam aan gejala, tremor esensial seringk ali disamakan dengan penyakit parkinson. Padahal kedua penyakit tersebut berbeda penyebabnya. 
Beberapa hal yang membedakan keduanya adalah:
1. Saat terjadi gemetar, pada esensial tremor, terjadi saat menggunakan tangan. Sedangkan pada penyakit parkinson, tremor muncul muncul pada saat tangan istirahat atau saat tangan diletakkan di atas paha (resting tremor).

2. Tremor esensial biasanya tidak berhubungan dengan gangguan kesehatan Iainnya. Sedangkan penyakit Parkinson biasanya mengakibatkan badan bungkuk, gerakan menjadi lambat, dan berjalan terseret-seret. Pada beberapa pasien yang mengalami tremor esensial, terdapat pula gangguan keseimbangan saat berjalan.

3. Bagian tubuh yang mengalami masalah akibat tremor esensial adalah tangan, kepala, suara dan kaki. Tremor yang disebabkan parkinson biasanya tidak mengenai kepala dan kaki 

PENYEBAB PENYAKIT PARKINSON
Hampir setengah dan penderita tremor esensial disebabkan mutasi genetik, dianggap sebagai tremor akibat akibat hubungan keluarga. Selain disebabkan oleh faktor kekerabatan faktor lain masih belum diketahui.Tremor esensial biasanya usia paruh baya hingga usia tua. Penyakit ini tidak mengancam jiwa, namun akan bertambah buruk seiring perjalanan waktu. Jika tremor semakin parah, maka penderita akan merasakan kesulitan pada saat memegang gelas berisi air mengunyah, atau makan secara normal, bercukur, bicara (jika gejaIa tremor mengenai Iidah) dan menulis. 

PEMERIKSAAN PENYAKIT PARKINSON
Tidak ada pemeriksaan spesifik untuk mengetahui tumor esensial. Menentukan diagnosis, terkadang dèngan cara menyingkirkan semua kemungkinan yang dapat menjadi
penyebab, sehingga dilakukan berbagai pemeriksaan untuk menyingkirkan kemungkinan lain. Untuk itu dilakukan beberapa pemeriksaan, diantaranya:

Pemeriksaan sistem saraf 
(neurologi), misalnya melakukan reflek tendon, kekuatan dan ketegangan otot. Dapat merasakan sensasi tert entu, dapat mengontrol posisi dan koordinasi. Dan dilakukan pemeriks aan saat berjalan apakah terdapat kelainan atau tidak.
Pemeriksaan laboratorium
Pemeriksaan laboratorium dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan adanya penyakit penyakit tiroid atau adanya efek samping obat yang dapat mengakibatkan terjadinya tremor. 

Pemeriksaan 
Untuk melakukan evaluasi, dilakukan beberapa pemeriksaan 
Minum dan gelas, dilakukan evaluasi, apakah tangan penderita gemetar 
Menahan lengan dalam posisi terangkat dalam beberapa waktu
Menulis dan menggambar bentuk spiral, pada orang normal dapat melakukan hal ini dengan baik. 

PENGOBATAN 
Beberapa penderita dengan esensial tremor kadang tidak membutuhkan penanganan,jika gejala yang dirasakan masih ringan. Namun jika tremor sudah membuat gangguan kerja, ataumeIakukan aktivitas harian, penderita sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk menga tasi masalah ini, diantaranya: Beta bloker (untuk menurunkan tekanan darah), Obat anti kejang, Obat penenang (jika depresi atau ansietas, dan lnjeksi botox (botulinum toxin). Biasanya pengobatan botox ditujukan untuk kulit wajah keriput, 

sumber: majalah dokter kita

0 Response to "DEFINISI PARKINSON"