CARA MENANGANI ANAK DEMAM | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

CARA MENANGANI ANAK DEMAM

Bagi orang tua yang sudah berkeluarga terutama yang sudah mempunyai anak, sering berhadapan dengan kondisi yang tidak menyenangkan sekali. terutama bila salah satu dari anak kita terserang penyakit. dan penyakit yang sering menyerang anak-anak adalah demam. Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi dari suhu badan yang normal atau biasanya berada pada suhu diatas 37 derajat celcius. Demam biasanya disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga merupakan sebuah aksi perlawanan yang terjadi dalam tubuh manusia atau dengan kata lain antibodi manusia ( sel darah putih ) sedang melawan suatu virus atau bakteri. Anak yang memiliki suhu tinggi karena suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan.



tentu saja dengan demam ini, membuat orang tua harus memikirkan jalan keluarnya untuk menghilangkannya. agar kondisi anak dapat kembali secara normal. tentu saja ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya:

  1. Biasanya bagi orang tua yang anak mengalami demam langkah awal adalah dengan memotong atau mengiris bawang kemudian dicampurkan dengan minyak kayu putih kemudian dioleskan ke tubuh. 
  2. Berikan obat penurun demam yang ada di apotik sekitar kita, obat untuk meredakan demam pada anak umumnya adalah parasetamol atau ibuprofen. Keduanya memiliki efek samping, misalnya parasetamol dapat berkaitan dengan penyakit asma, sedangkan ibuprofen dapat menyebabkan sakit maag atau masalah pada ginjal.
  3. Agar dapat mengurangi suhu panas dari demam pada anak, hidupkan kipas dengan tidak diarahkan langsung ke anak.
  4. Berikanlah banyak minum air putih, hal ini dilakukan karena saat demam banyak cairan yang hilang dari anak. Atau anda juga dapat memberikan jus buah yang telah didinginkan untuk mengurangi demam pada anak dari dalam tubuh
  5. Saat demam proses mengeluarkan keringat merupakan hal yang dapat meringankan demam dari anak. Agar dapat mengeluarkan keringat berikanlah makanan yang sedikit pedas (bagi anak yang mampu menanahan pedas)
  6. Saat demam kebanyakan anak mempunyai daya asupan gizi kurang, hal ini karena kemampuan untuk makan jadi berkurang. Jadi berikanlah makanan yang bergizi dengan memotivasi agar anak mau untuk makan makanan yang bergizi
  7. Kompres anak dengan kain yang basah pada dahi anak.
  8. Biasa ada proses saat demam tubuh bagian atas panas dan pada bagian kaki dingin, untuk mengatasi agar kaki dingin maka Masukkan kaki Anak di air hangat. Terapi ini akan membantu meringankan demam dengan mengumpulkan darah di kaki, sehingga melancarkan peredaran darah.

0 Response to "CARA MENANGANI ANAK DEMAM"