RESAH KARENA TANDA LAHIR



Kulit, Iayaknya pakaian yang dikenakan manusia. Kadang pakaian itu bisa terlihat sempurna atau bisa juga datang dengan cacat produksi. Demikian juga pada kulit, ada kalanya seorang bayi dilahirkan dengan kondisi kulit yang mulus, atau disertai dengan satu atau beberapa tanda lahir. Ada beberapa tanda lahir atau gangguan pigmentasi yang sering dijumpai pada seorang bayi. Sampal saat mi, tanda lahir masih menjadi perbincangan yang hangat bagi orang tua. Beberapa dugaan seperti, kemungkinan

sebuah tanda atau gejala awal penyakit atau kondisi kesehatan tertentu juga muncul dan kadang membayangj benak para ibu. Bahkan ada mitos jika kondisi ini dikarenakan sebuah gigitan mahiuk halus atau mitos lain yang berkembang di lingkungan sekitar. Lalu hal apa dan bagaimana perlakukan kita jika meneniukan tanda ini, dan membedakannya sebagai sesuatu yang wajar atau gejala dan sebuah penyakit tertentu? Namun ingat jangan pernah melakukan diagnosis sendiri, ini hanya untuk memperdalam pengetahuan kita tentang kesehatan.Jika ingin memastikan diagnosis kunjungi dokter pribadi anda atau dokter di sekitar anda tempat tinggal anda.


Berwarna Biru

Pertama kita akan menjumpai tanda biru yang sering terjadi di masyarakat kita, dalam istilah medis disebut sebagai mongolian spot. “Dalam sebuah literatur kondisi ini terjadi hampir pada 90% ras mongolid (asia timur, polinesia, indonesia, dan mikronesia)” ujar Dr. Laksmi Duarsa SpKK staf pengajar FK Unud,Denpasar.



Mongolian spot merupakan salah satu jenis tanda lahir dengan ciri warna biru yang muncul tegas, bisa pula tidak jelas, seperti bercak, bisa kecil atau besar. Umumnya muncul di daerah pantat, punggung atau lengan, bisa muncul saat bayi dilahirkan, beberapa jam setelahnya atau bahkan hari, dan bahkan ada yang baru tampak nyata pada 3 bulan setelah dilahirkan. Mongolian spot merupakan lesi jinak yang tidak memerlukan pengobatan. Umumnya tanda ini tidak berarti apa-apa, karena bisa menghilang pada usia3-4 tahun pertama kelahiran. Mongolian spot terlihat seperti sebuah memar, secara medis kondisi ini disebabkan oleh akumulasi dan pigmen di bawah kulit seorang bayi yang gagal mencapai epidermis,saat perkembangan embrio.Tanda lahir yang lain, yang sering muncul pada seorang anak adalah hemangioma. Kondisi ini ditemukan pada 2 dan 100 kelahiran bayi.Tanda lahir ini muncul setelah 1 atau 2 buan kelahiran. Bentuknyaberupa benjolan berwarna merah dan muncul dalam
bentuk tak beraturan, umumnya muncul di daerah kepala, leher, dan bagian tubuh lain. Awalnya hemangioma muncul seperti noktah berwarna merah lalu terjadi benjolan. Ukuran hemangioma akan membesar (bisa mencapai ukuran ibu jari orang dewasa) saat 6 bulan pertama kehidupan. Selanjutnya ia akan mengempis dan memudar warnanya secara perlahan dalam waktu 3-9 tahun.Walau demikian, bila sangat mengganggu misalnya muncul disekitar mata atau mulut maka sebaiknya orangtua segera menghubungi dokter.

Berwarna Cokiat

Café au lait spot merupakan lesi pigmentasi umumnya berwarna cokiat muda sampai coklat tua seperti kopi susu sesuai dengan nama yang diberikan, tidak teratur dan besarnya sekitar 3-5 mm, dengan atasan yang tidak terlihat jelas seperti kondisi kulit normal. “Lokasinya juga bisa pada seluruh tubuh”tambah Dr. Laksmi.


Yang perlu diperhatikan, bila pada anak terdapat dalam jumlah 5 atau lebih dan berdiameter lebih dan 5 mm bercak ini biasanya berhubungan dengan suatu kelainan sistemik yang dikenal dengan neurofibromatosisVon-Recklinghausen. Ukurannya saat masih bayi bisa sangat kecil, dan samar, dan biasanya baru akan berkembang menjadi lesi yang besar ketika berumur 2 tahun.

Munculnya café au lait spots, terjadi hampir pada 95% pasien dengan neurofibromatosis. Kemungkinan terjadinya tuberous sclerosis, dan anemia fanconi memungkinkan jika seorang anak memiliki café au lait spots. Meski prevalensinya tidak begitu banyak diperkirakan 1 dan 3500 kelahiran, namun memerlukan perhatian, dan umumnya lebih sering terjadi pada anak dengan kulit hitam.
Kondisi ini tidak memerlukan pengobatan, tetapi jika dicurigai dengan gangguan neurofibromatosis, harus segera di bawa ke dokter untuk mendapatkan penangaan lebih lanjut. Meski pengobatan pada lesi ini tidak diperlukan namun, pengobatan dengan mengunakan laser merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lesi, namun ada beberapa kemungkinan terjadinya hipopigmentasi, jaringan parut dan juga kekabuhan yang mencapai 50% setelah 12 bulan terapi.

Berwarna Merah Muda

Salmon patch termasuk dalam tanda lahir vaskuler. Secara garis besar, kondisi ini bisa digolongkan sebagal malformasi vaskuler, dan tampak berupa bercak berwarna merah muda, tidak teratur dan sering dijumpal di tengkuk, dan wajah seperti di daerah ails atau di kelopak mata. Kondisi ini diakibatkan oleh adanya dilatasi atau ekspansi pembuluh darah kecil yang disebut kapiler.
Angka kejadiannya cukup banyak sekitar 7 dan 10 bayl lahir, dengan satu atau lebih tanda. Jika terdapat di wajah, misal diantara alis, atau di kelopak mata,tanda ini akan terlihat menjadi gelap ketika bayi menangis, dan akan berubah terang lagi ketika bayi berhenti menangis. Umumnya tidak menyakitkan atau pun gatal.


Dulu kondisi ini, dianggap sama dengan port wine stain, tetapi sekarang diketahui sebagai sesuatu kondisi yang berbeda. Umumnya salmon patch ini tidak memeriukan tindakan khusus, perlakukan seperti daerah normal atau kulit bayi lainnya. Seperti kulit bayi umumnya bersihkan dengan hati-hati atau dapat juga diberikan pelembab. Jika sewaktu-waktu didaerah kulit yang muncul salmon patch ini luka dan berdarah atau terlihat sangat kering, atau warnanya kemudian berubah menjadi lebih gelap dan mungkin terlihat sangat menonjol, bisa langsung dibawa ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Umumnya salmon patch ini akan hilang sendirinya pada bayi setelah umur 1 atau 2 tahun kelahiran.

Merah Keunguan

Sesuai dengan namanya, Port-wine Stain adalah kelainan yang tergolong dalam malformasi vaskuler berwarna merah anggur atau keunguan dan bisa bertambah gelap dengan pertambahan umur. Umumnya datang ketika bayi dilahirkan. Bentuknya tidak teratur dengan ukuran bervariasi dan beberapa milimeter hingga benar-benar luas, dan umumnya hanya muncul pada satu sisi tubuh. Tidak seperti hemangioma,port winestains tidak bisa hilang dengan sendirinya, meski kadang bisa memudar warnanya, seiring umur.


Kondisi ini tidak memberikan masalah, kecuali jika muncul di dahi atau kelopak mata atas, terdapat kemungkinan untuk terjadi kelainan di otak yang disebut sebagai weber syndrome. Jika muncul di sekitar mata, ada kemungkmnan bisa berkembang menjadi glukoma. Risiko ini akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kebutaan pada seorang anak jika tidak dilakukan pengobatan.
Saat ini, terdapat banyak sekali jenis pengobatan yang bisa di pilih. Misalnya melakukan prosedur radiasi, bedah potong beku, dermabrasi, skierotarapi dan laser. Laser merupakan salah satu metode yang terbaru untuk merusak kapiler di kulit tanpa menusak bagian kulit Iain.Laserterapi bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini dengan angka keberhasilan yang baik.

0 Response to "RESAH KARENA TANDA LAHIR"