DILEMA MANFAAT LEMAK DAN KERUGIANNYA | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

DILEMA MANFAAT LEMAK DAN KERUGIANNYA


Seseorang dengan usia 45 tahun, baru pulang dari rumah sakit setelah dirawat hampir sebulan karena serangan stroke. Selama ini tekanan darahnya baik-baik saja, dalam arti tidak ada riwayat penyakit darah tinggi. Juga tidak ada kencing manis. Memang orang ini sekeluarga memiliki kegemaran makan makanan enak.

Sepulangnya dari rumah sakit, orang itu dan keluarganya melakukan proses berdiet ketat. Tidak ada lagi makanan yang mengandung lemak, minyak goreng, ataupun santan, dan daging. Semuanya dihindari.

gambar gorengan

Keluarga yang tadinya bertubuh subur kini jadi lebih langsing. Lemak biasanya diidentikkan dengan kegemukan, penyakit jantung, hipertensi dan kolesterol. Tidak sepenuhnya benar anggapan ini. Biarpun lemak dituding sebagai biang keladi beragam masalah kesehatan, namun sebenarnya manusia tidak dapat hidup tanpa lemak

Sangat Dibutuhkan Tubuh


Lemak dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon, membentuk sel-sel baru dan ringan saraf, serta mempengaruhi fungsi otak. Selain itu lemak juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh pada saat suhu udara dingin, melindungi organ tubuh, dan sebagai cadangan sumber energi bila sumber energi dan karbohidrat menipis.

Lemak juga diperlukan tubuh sebagai pelarut dan penyerapan vitamin A,D,E dan K. Jadi kalau kita nekat tidak mengkonsumsi lemak sama sekali, lama-lama kita akan mengalami defisieansi ke empat vitamin ini
Bisa Kawan Bisa Lawan

Menurut DR. Dr. Johana Titus MS., SpGK, staf pengajar Departemen Ilmu Gizi Fakultas kedokteran UI mengatakan dalam makanan manusia sehari-hari dikenal tiga jenis lemak

contoh makanan mengandung lemak
  1. Yakni lemak jenuh (lemak ini banyak terdapat pada lemak hewani, minyak kelapa)
    Lemak jenuh merupakan lemak yang terdiri dari unsur  trigliserida dengan hanya asam lemak jenuh (https://id.wikipedia.org/wiki/Lemak_jenuh)

  2. Lemak tak jenuh tunggal (terdapat pada minyak olive, pada minyak canola, buah alpukat)
    adalah jenis lemak yang molekulnya tersusun dari rangkaian atom-atom karbon yang memiliki satu ikatan ganda. Ikatan ganda ini menyebabkan molekul lemak tersebut tidak jenuh atau masih bisa menambah atom hidrogen. Lemak tak Jenuh tunggal biasa disebut lemak baik karena memilik manfaat bagi kesehatan diantarnya membantu mengurangi penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Beberapa makanan yang mengandung tinggi lemak tak jenuh tunggal diantaranya Minyak zaitun, kacang almond, ikan salmon dan buah avokad (https://id.wikipedia.org/wiki/Lemak_tak_jenuh)


  3. Lemak tak jenuh ganda (banyak pada minyak bunga matahari, minyak jagung).
  4. Minyak ikan termasuk minyak tak jenuh ganda yang mengandung tinggi omega 3, minyak ini banyak manfaatnya bagi tubuh. terangnya. Arti penting lemak bagi tubuh sudah tak diragukan lagi. Namun kelebihan salah satu jenis juga dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan manusia. ldealnya, dalam makanan seimbang diperlukan lemak sekitar 25% - 30% dan total energi dan jatuhkan pilihan yang terbaik dan makanan yang mengandung lemak jenuh sekitar 8%, lemak yang tidak jenuh tunggal ± 12%, dan lemak tidak jenuh ganda ± 10%. Dengan memperhitungkan komposisi lemak seperti ini, dan ditambah dengan konsumsi makanan kaya akan omega 3 bisa menurunkan resiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat LDL dalam darah.
Rahasia Sehat

Hidup sehat pastilah idaman setiap orang. Dan hal itu dapat diperoleh dengan makan makanan dengan gizi seimbang dengan komposisi seperti berikut: (sumber karbohodrat ±60%), lauk-pauk (Protein ±15%), dan lemak (±25%), cukup serat (sayur dan buah). Dengan pola makan tiga kali makan besar, 2-3 selingan serta minum cukup yaitu 8 sampai 10 gelas air perhari.

Selain itu Dr. Johana Titus menyarankan sumber energi diperoleh dan sumber karbohidrat seperti nasi, roti, tepung (makanan ini tidak mengandung lemak). Dan perbanyak sayur dan buah karena makanan ini selain tidak mengandung lemak juga mengandung serat tinggi.

Sumber protein juga perlu dipilih sesuai dengan kandungan lemaknya. Protein yang kandungan Iemaknya tinggi yaitu daging bebek, daging ayam dengan kulitnya, daging kornet, telur (terutama kuning telur). Baso sapi dan jeroan termasuk makanan kandungan lemak sedang. Ikan-ikan-an, putih telur, daging asap termasuk sumber protein yang berlemak rendah. Protein nabati juga termasuk makanan yang kadar Iemaknya rendah. “Kurangi juga makanan yang mengandung lemak tinggi atau tinggi Iemak jenuh seperti daging ayam dengan kulitnya, kuning telur”sarannya.
gambar daging ayam


Lebih lanjut Dr. Johana Titus mengatakan bahwa untuk memperoleh lemak baik, kita harus mengetahui cara masaknya, karena cara masak dapat mempengaruhi lemak makanan. Makanan yang digoreng mengandung tinggi lemak, sedangkan makanan yang dimasak dengan cara dibakar, atau dipepes diharapkan tidak menambah terkonsumsi banyak lemak jenuh.


0 Response to "DILEMA MANFAAT LEMAK DAN KERUGIANNYA"