BAHAYA PELARUT DAN TIPS PENGGUNAANNYA | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

BAHAYA PELARUT DAN TIPS PENGGUNAANNYA


KEHIDUPAN manusia sehari-hari pasti tidak lepas dari yang namanya bahan kimia. a bisa d,gunakan muIai dan perlengkapan kosmetik sehari-hari, pembersih, hingga pembunuh serangga. Hampir tidak ada bagian di rumah kita yang bebas dan bahan kimia. Nah, salah satu jenis dan bahan kimia mi adalah pelarut organik. Kegunaannya sangat beragam, mu!ai dan pelarut tinta atau cat dinding, obat pembasmi serangga, pembersih antai, dan bahkan pelarut organik digunakan sebagai campuran di bahan dasar kosmetik (seperti parfum dan pembersih wajah).
Menurut Hilyatuz Zahroh, MPKim, MA, dosen sekaligus auditor LPPOM MUI, penggunaannya di kehidupan rumah tangga sehari-hari seringkali diabaikan. Banyak yang menggunakan bahan pelarut organik, namun tidak mengerti bagaimana cara menggunakannya secara tepat. Karena jika digunakan secara sembrono, pelarut organik yang awa!nya berfungsi untuk membantu proses kehidupan berjalan lancar, malah menjadi sumber yang membahayakan.
DIMANA SAJA?
Secara struktur kimiawi, pelarut organik adalah sekumpulan senyawa kimia yang memiliki atom karbon. Ia bersifat mudah menguap jika ada pada suhu ruang, berbentuk cairan, dan dapat melarutkan minyak, Iemak, karet dan plastikKarena kegunaannya sebagai pelarut, maka pelarut jenis hidrokarborl aliatik seperti heksan, kerosen, dan gasolin (petrol, benzin) banyak digunakan dalam ekstraksi minyak, penghilang gemuk pada logam, produksi ban dan cat, zatpembawa untuk aerosol dan desinfektan. Sedangkan pelarut jenis hidrokarbon aromatic murni, seperti benzen, toluen dan xylen, digunakan sebagai penghilang gemuk, sebagai thinner, sebagai pelarut dalam industri cat, tinta cetak, ,nsektisida dan bahan kimia pertanian. AlkohOl adalah salah satu jenis pelarut organik yang digunakan secara luas. Ia merupakan pelarut serbaguna yang digunakan dalam berbagai produk mulai dan antiseptik dan sirup obat batuk hingga bahan pelapis dan perekat. Metanol merupakan jenis alkohol yang sangat beracun yang digunakan dalam pembersih kaca, pelarut shellac, pelarut zat warna, pelarut tnta, pelarut pernis, bahan tambahan untuk bahan bakar dan bahan pengekstrak minyak. Sedangkan isopropanOl digunakan dalam kosmetik, parfum, beberapa jenis bahan penyalut (coating), pembersih obat gosok, larutan antiseptik. sabun cair dan obat. Etanol digunakan dalam parfum, krim pencukur rambut, dan pembersih. Sementara n-propanol digunakan secara luas dalam industri tinta cetak sebagai pelarut tinta untuk mengontrol waktu penguapan pelarut dan pengeringafl tinta. Propil akoh&, 1 –propanol digunakan terutama dalam cairan rem, sebagal pelarut dan sebagai antiseptik. Butanol digunakan sebagai pelarut dalam cat,juga dalam industri pernis,zat warna, rayon, deterjen, dan juga merupakan zat pendehidrasi. Bahan-bahan lain yang juga mungkin mengandung butanol adalah konsentrat cat aerosol, cat mobil, pelapis, herbisida, tinta, cat kuku, insektisida, spidol, penghapus cat, dan thinner. Pelarut terkiorinasi merupakan pelarut terhalogeasi yang paling populer. Pelarut in digunakan dalam oencucian kering (dry cleaning), pencucian logam, penghilang gemuk, nd ustri aerosol otomotif, percetakan, :ekstil, kertas, furnftur dan sebagai peng hilang cat, serta produksi termoplastik.
EFEKNYA BAGI KESEHATAN
Tak jarang pelarut organik yang kita gunakan sehari-hari menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Namun kebanyakan masyarakat tidak menyadari jika efek buruk tersebut disebabkan oleh bahan kimia yang digunakan. Dikatakan oleh HilIya,efeknya bagi kesehatan dibagi menjadi efek jangka pendek dan jangka panjang. Efek jangka pendek misalnya pusing, sakit kepala, rasa pening, rasa mual. Hal ni timbul akibat hirupan (inhalasi) bahan kimia jenis heksan yang banyak digunakan pada obat pembunuh serangga.Sedangkan jika paparan terhadap bahan kimia tersebut berlangsung lama, maka dapat menyebabkan kelemahan otot, penglihatan menjadi buram/kabur,serta rasa di jari-jari tangan atau kaki tergantung bagian tubuh mana yang sering terpapar).Kemungkinan adanya efek karsinognik (pencetus kanker) pada benzene masih belum dapat dibuktikan secara ilmiah, tambahnya. Penghirupan gasolin yang banyak digunakan dalam cat dan penghilang gemuk, yang dapat menimbuIkan iritasi pada mata dan gangguan sistern pernapasan. Jika uap gasolin rnasuk ke dalam pernapasan cukup banyak maka dapat menyebabkan penurunan kesadaran dengan cepat.Paparan jangka panjangnya terhadap kulit dapat menimbulkan iritasi kulit atau dermatitis kontak iritan,serta DeaIa neurologis. Efeknya yang berhubungan dengan kanker jugadapat dibuktikan.
Dermatitis kontak iritan ditandal dengan kulit yang memerah dan melepuh,terasa perih dan gatal. Paparan terhadap kerosin yang juga banyak digunakan dalam cat, dapat meriyebabkari iritasi pada mata dan kulit, cedera paru-paru, dermatitis, mudah marah, geIisah dan mudah mengantuk. Efek yang Iebih buruk pun dapat terjadi apabila paparan terhadap kerosin cukup banyak, yakni kejang, koma bahkan kematian. Kerosin juga tidak dianggap karsinogenik bagi manusia. Salah satu jenis pelarut organik yang terbukti dapat menyebabkan kanker di kemudian hari adalah benzene. Paparan melalui hirupan ternyata dapat menyebabkan gangguan pada darah, termasuk berkurangnya sel darah merah dan kerusakan sel-sel darah merah (anemia aplastik). Sedangkan efek jangka pendeknya berupa pening, mengantuk, sakit kepala, iritasi mata dan kulit, serta gangguan di saluran pernapasan. Paparannya secara cepat dan dalam kadar yang tinggi dapat menyebabkan gangguan kesadaran. Toluen juga telah diteliti dampaknya terhadap kerusakan sel-sel tubuh, sehingga paparannya dalam jangka lama dapat menyebabkan kanker. Inhalasi toluenejangka pendek dapat menyebabkan gangguan di sistem saraf pusat seperti cepat Ielah, mengantuk,sakit kepala,dan mual. Inhalasi jangka pendekjuga menyebabkan iritasi saluran pernapasan bagian atas, iritasi pada mata, sakit tenggorokan,dan pening.
GUNAKAN DENGAN BIJAK
Agar tidak terjadi efek buruk bagi kesehatan, maka cara menggunakan bahan-bahan pelarut organic harus hati-hati. Penyimpanannya harus di tempat yang aman,ventilasi udara balk, dan tidak mudah dijangkau anak-anak. Pakailah pengaman (misal,sarung tangan atau masker) sebelum menggunakannya. mi baik sekali bagi Anda yang ingin menggunakan cat. Kemudian cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun agar sisa-sisa bahan kimia bersih dan tarigan.Jangan lupa untuk menghubungi dokter apabila ada di antara anggota keluarga yang mengalami keracunan bahan kimia tersebut.

TIPS AMAN GUNAKAN BAHAN KIMIA DI RUMAH:
1.       Membeli produk secukupnya, sebaiknya tidak perlu di stok apalagi dalam jumlah besar.
2.       Biarkan isi produk tetap dalam wadahnya, bila perlu beri label khusus yang mudah dilihat dan dikenali.
3.       Simpan produk-produk tersebut di ruangan khusus atau lemari yang memiliki ventilasi udara yang baik,dan tidak terjangkau oleh anak-anak.
4.       Mengikuti petunjuk dan mengetahui efek samping penggunaan produk beserta tindakan yang harus dilakukan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,biasanya tertera pada label/kemasan.
5.       Tidak mencampur produk secara sembarangan misalnya deterjen dengan pemutih pakaian, karena bisa bereaksi dan menimbulkan gas yang berbahaya.

0 Response to "BAHAYA PELARUT DAN TIPS PENGGUNAANNYA"