Cara Menjaga Gigi Pada Anak




Menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini sangat penting untuk anak. Karena kesehatan gigi pada anak merupakan faktor penting dalam pertumbuhannya dan perkembangan anak itu seridiri. Namun nyatanya merawat gigi anak sering dikeluhkan sebagai perkara yang gampang gampang susah.Berikut saran dan kiat bagaimana membantu meningkatkan kesehatan mulut anak anda,

Untuk anak berusia 0-3 Tahun
 
Gigi pertama bayi biasanya muncul antara bulan kelima dan delapan. Gigi anak akan terus tumbuh sampai mereka berusia sekitar 3 tahun, dan berjumlah 20 gigi.

 
Apa yang harus dilakukan?
1.  Bersihkan gigi dan gusi bayi Anda bahkan sebelum gigi pertamanya tumbuh. Tidak hanya membersihkan sisa makanan dan bakteri, namun juga membantu menciptakan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam bagi anak anda.
2.       Bersihkan gigi dan gusi bayi dengan lembut pada pagi
dan malam hari. Gunakan saja handuk basah atau sikat gigi bayi yang berbulu sikat lembut. Bersihkan terutama menjelang waktu tidur.
3.   Hindari kebiasaan memberi minum jus atau susu pada anak menjelang tidur, karena dapat menyebabkan terjadinya lubang pada gigi. Gigi akan terendam cairan sepanjang malam, sehingga memungkinkan bakteri penyebab gigi berlubang berkembang biak Iebih banyak. Solusi terbaik adalah tidak memberikan susu dalam botol, pada saat anak tidur atau bila perlu, ganti dengan air putih bahkan air putih di malam hari.

Untuk anak berusia 3-6 tahun
<

Anak anda seharusnya sudah memiliki 20 gigi susu yang lengkap. Email gigi anak sangat rentan untuk mengalami kerusakan, karena tidak sekuat gigi dewasa. Gigi berlubang dan penyakit pada gigi susu dapat berlanjut ketika gigi dewasa tumbuh.
Meskipun nantinya akan tanggal, gigi susu penting untuk dijaga karena;
  • Gigi susu memiliki peran penting untuk mencerna makanan. Gigi susu berguna untuk menggigit,menguyah, serta melumatkan makanan.
  • Gigi susu berguna sebagal pedoman bagi tumbuhnya gigi dewasa, jika gigi susu tanggal sebelum waktunya karena pembusukan,maka kemungkinan gigi dewasa tumbuh tidak beraturan semakin besar. 
  • Gigi susu berpengaruh dalam perkembangan wajah dan otot rahang·      

Apa yang seharusnya dilakukan?
1.    Pada usia ini, anak pada umumnya sudah dapat memegang sikat gigi dan dapat menyikat gigi sendiri. Akan tetapi, pengawasan anda tetap dibutuhkan untuk memastikan mereka menyikat giginya dengan benar.
2.    Hal yang paling penting dilakukan adalah menyikat gigi di waktu yang
tepat yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.
3.    Bantu anak Anda dengan memberikan sikat gigi khusus anak dengan bulu sikat lembut. Sikat gigi ini memiliki kepala sikat kecil yang sesual dengan ukuran mulut anak.
4.    Sikatlah gigi anak anda dengan pasta gigi berfluonide. Lebih baik lagi, jika menggunakan pasta gigi khusus anak dengan kandungan fluoride yang sesuai untuk anak, serta tersedia dalam pilihan rasa yang disukai anak. 

Untuk Anak Berusia 6-12 Tahun

 
Usia 6 tahun merupakan masa gigi campuran di mana pada usia ini, gigi susu dan gigi tetap berada di dalam mulut secara bersamaan.
Pada umur 6 tahun, gigi tetap yang pertama tumbuh adalah gigi geraham. Gigi ini tumbuh di bagian belakang. Sangat penting untuk menjaga supaya gigi ini tetap bersih dan sehat, karena merupakan gigi yang paling sering berlubang. Gigi geraham ini belum sepenuhnya dewasa, sehingga strukturnya belum kuat. Pada saat yang sama, gigi-gigi seri tetap tumbuh menggantikan gigi-gigi seri susu.
  •  Gigi susu akan goyang dan tanggal pada periode ini. Akarnya akan teresopsi secara bertahap sampai akhirnya gigi tersebut tanggal atau dapat dicabut dengan mudah.
  • Pada usia 12 tahun,biasanya gigi susu terakhir tanggal dan pada usia ini, anak biasanya sudah memiliki 28 gigi tetap. Empat gigi terakhir atau gigi geraham bungsu akan tumbuh di antara usia 18-5 tahun.

Apa yang sebaiknya dilakukan?
1.    Pada usia ini anak sudah dapat menyikat gigi mereka sendiri. Namun mereka tetap perlu bantuan anda untuk membantu menerapkan kebiasaan menyikat gigi dengan balk dan benar.
2.    Terapkan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam kepada anak anda, sebab kebersihan mulut dan gigi sangat penting pada periode ini. Adanya campuran gigi susu dan tetap di mulut membuat anak Iebih rentan. Gigi berlubang kerap terjadi pada anak yang gemar makan makanan yang manis dan Iengket.
3.    Gunakan sikat gigi khusus. Sikat gigi ini memiliki kepala sikat kecil yang sesual dengan ukuran mulut anak.
4.    Gunakan pasta gigi dengan jumlah yang tepat. Anak Anda tidak suka rasa pasta gigi dewasa, anda bisa menggunakan pasta gigi khusus untuk anak dengan kandungan fluoride sesuai dan memiliki rasa yang disukal anak.

0 Response to "Cara Menjaga Gigi Pada Anak"