Agar Kandungan Bayi Sehat dan Cerdas | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Agar Kandungan Bayi Sehat dan Cerdas

Kehamilan, Ibu Hamil yang sehat

Saat merencanakan kehamilan, semasa hamil dan saat menyusui, nutrisi yang tepat penting bagi perkembangan anak. Seorang Ibu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil dan menyusui. Seribu hari pertama kehidupan, dan masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun, merupakan masa paling krusial bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Seperti kata Dr. dr. Damayanti Rush Sjarif, SpA, “Bila dalam periode ini anak mendapat nutrisi yang tepat dan mencukupi, mereka akan lebih sehat, lebih dapat menyelesaikan sekolah, berpenghasilan lebih besar dan Iebih besar lagi adalah kemungkinan memiliki keluarga yang sehat saat dewasa.”
Mengapa? “Kalau kita berikan nutrisi yang baik di awal kehidupan anak, kita dapat menjamin perkembangan otak anak dalam jangka panjang, sehingga kemampuan kognitif dan educational performancenya akan bagus,” ujar Staf Pengajar Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Universitas Indonesia itu.
Dengan gizi yang baik, tulang dan otot anak dapat tumbuh dengan baik, sehingga akan menunjang anak untuk mendapat pekerjaan yang baik di kemudian han.
Tidak hanya itu. Pemberian nutrisi yang tepat selama kehamilan juga dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan. Publikasi Keen C.L. dan kawan-kawan tahun 2003, mendukung konsep bahwa penyebab utama komplikasi kehamilan adalah nutrisi pada masa embrio dan janin yang suboptimal. Oleh karena itu, banyak dan beratnya komplikasi dapat dikurangi dengan meningkatkan status nutrisi mikro ibu. Maka, dalam masa menyusui dan merencanakan kehamilan, suplementasi vitamin dan mineral sangat dibutuhkan.
Suplemen vitamin dan mineral yang baik untuk kehamilan dan menyusui adalah yang mengandung asam folat, vitamin dan mineral lengkap. Yang tak kalah penting, suplemen yang baik juga mengandung AA dan DHA, dua asam lemak esensial yang diperlukan bayi dalam kandungan.
DHA merupakan asam lemak utama dalam otak manusia. Jika kadamya kurang, fungsi kognitif anak rendah. Pertumbuhan otak bayi terbesar terjadi selama kehamilan, dan berlanjut sampai dua tahun pertama dalam kehidupannya. Pada saat itu, bayi memiliki kebutuhan paling besar nutrisi penting seperti asam docosahexaenoic (DHA), asam lemak omega-3, asam araki donat (AA), dan asam lemak omega-6. DHA secara alami ditemukan pada ASI, 93%-96%, dihasilkan dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3. AA secara alami juga ditemukan dalam asi, AA adalah asam lemak omega-6 asam lemak dalam rantai panjang utama yang dibutuhkan otak, yaitu hingga 48% dan asam lemak omega-6. Bayi mendapat DHA dan AA dan makanan yang mereka makan,jadi penting jika ibu harus menyediakan makan yang mencukupi untuk kebutuhan nutrisi.
ASI sebagai sumber gizi yang paling optimal bagi bayi, mengandung DHA dan AA. Para AhIi yang tergabung dalam assosiasi ISSFAL, yaitu Forum Kesehatan Anak dan Masyarakat Internasional untuk Studi Asam Lemak dan Lipid, merekomendasikan agar ibu memastikan diri menyediakan DHA dalam ASI mereka. Caranya, wanita hamil dan menyusui harus mencapai asupan makanan yang mengandung rata-rata minimal 200 mg DHA. Ahli lain merekomendasikan bahwa wanita hamil dan menyusui harus mendapatkan 100-200 mg DHA setiap hanri. Dengan memenuhi asupan omega-3 hingga sebesar 250 mg, juga berguna untuk keseh atanjantung anak ketika dewasa nanti.
 
Neo Alor merupakan suplemen unt uk ibu hamil dan menyusui, yang men gandung asam folat, vitamin dan mineral, diperkaya AA dan DHA. AA dan DHA yang dikandung dalam Neo Alor berasal dan tumbuhan Alga. Selama in ada anggapan bahwa sumber utam omega 3 adalah ikan. Padahal, ikan tidak bisa mensintesis omega 3 dengan sendiri nya. Omega 3 yang dikandung ikan berasa dan makanan yang mereka konsumsi seperti alga. AA memegang peranan penting dalar perkembangan otak. AA juga berperan dalam pembentukan senyawa yang mirip hormon, bernama eicosanoids. Eicosanoids berfungsi sebagai zat imunitas yang menjaga dan berbagai penyakit pembekuan darah, dan fungsi vital lain nya dalam tubuh.
DHA merupakan salah satu penyusun utama otak dan retina. Sekitar 97% penyusun otak adalah asam lemak omega 3. Sedangkan asam lemak omega 3 menyusu 93% retina. Jelas bahwa kinerja otak da retina kita sangat ditentukan oleh DHA Pada bayi yang masih dalam masa pertumbuhan, DHA diperlukan dalam jumlah yang sangat banyak agar otak dan retin nya berkembang dengan baik. Dan sini bisa disimpulkan, Neo Alor dengan vitamin dan mineral lengka beserta segala manfaatnya, turut menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan seorang wanita yang sedang hamil, menyusui, dan sedang merencanakan kehamilan.


1 Response to "Agar Kandungan Bayi Sehat dan Cerdas"

QnC Jelly Gamat said...

Sangat membantu sekali. Terimakasih.