Tips - Tips Vegetarian


Beberapa orang di indonesia orang yang mengatakan bahwa dirinya seorang vegetarian. Tetapi apakah dengan menjadi vegetarian semua unsur gizi dapat terpenuhi? Menurut dokter spesialis gizi klinik Dr. Fiastuti WitjaksonO MS, SpGK, seorang vegetarian adalah seseorang yang menjalankan pola makan dengan tidak mengkonsumsi protein hewani. Vegetarian memiliki empat tingkatan, yaitu:
gambar sayuran


1.      Semi vegetarian,
Semi vegetarian adalah vegetarian yang masih mengkonsumsi makanan atau produk hewani. tetapi sebagian besar masih mengkonsumsi produk nabati seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran.
2.      Lakto vegetarian,
Lakto vegetarian yaitu vegetarian yang masih mengkonsumsi susu dan
produk susu.
3.      Lakto ovo vegetarian
Lakto ovo vegetarian yaitu vegetarian yang masih mengkonsumsi telur dan susu atau produk-produk yang terbuat dan teur dan susu.
4.      Vegan.
Lalu tingkatan terakhir yaitu vegan adalah vegetarian yang tidak
mengkonsumsi daging, telur, ikan, susu atau tidak mengkonsumsi sama sekali produk hewani dan hanya mengkonsumsi protein nabati seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah.
 
Manakah yang Lebih Baik?
 
Menurut Dr. Fiastuti, vegetarian yang Iebih baik adalah Lakto
ovo vegetarian
, karena masih mengkonsumsi telur dan minum susu. Sebab putih telur merupakan sumber protein yang paling lengkap asam aminonya. Begitu pula dengan susu yang merupakan sumber protein yang baik dan memiliki kandungan kalsium. Selain itu Lakto ovo vegetarian tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung )emak dan kolesterol tinggi. Dr. Fiastuti mengingatkan, apabila kita mengkonsumsi lemak yang berlebih dapat menyebabkan obesitas (kegemukan). Selain itu kolesterol yang lebih pun berisiko menimbulka penyakit-penyakit degeneratif seperti jantung, kanker dan diabetes. Dijelaskan lebih dalam oleh Dr. Fiastuti bahwa vegetarian yang memilih untuk vegan, murni hanya mendapatkan protein nabati saja dan tidak mendapatkan protein hewani. Padahal protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menganti sel -sel yang rusak dan menjaga metabolisme tubuh. Protein memiliki aturan baku dalam membentuk asam amino Iengkap dalam tubuh. Misalnya
untuk membentuk otot tubuh, maka dibutuhkan asam amino A, B, C, D, E, F dan G. Tetapi apabila pada tubuh kurang salah satu asam amino, maka otot tidak dapat dibentuk. Untuk itu, vegetarian perlu mengkonsumsi produk hewani, karena produk
hewani memiliki asam amino yang Iebih Iengkap daripada nabati untuk membentuk protein dalam tubuh. “Jadi kelemahan vegan adalah kurang engkapnya asam amino yang diperoleh,” ujar Dr. Fiastuti. OIeh sebab itu, bagi vegan yang hanya mendapatkan protein dari protein nabati saja, dapat dibayangkan betapa sulitnya untuk membentuk protein dalam tubuh. Sebab asam amino yang diperoleh tidak selengkap protein hewani. Dr. Fiastuti menyarankan, bagi yang memilih vegan, maka harus mengkonsumsi produk protein nabati secara lengkap dan nabati lainnya. Contohnya nabati yang diperoleh dan kacang - kacangan. Apabila hanya satu jenis maka protein akan kurang. Sehingga vegetarian yang memilih vegan harus mengkonsumsi berbagai macam kacang-kacangan untuk mendapatkan asam amino lain.

Darimanakah Sumber protein Nabati?
 
Menurut Dr. Fiastuti, sumber protein nabati yang bagus adalah berbagai jenis kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, kedelai, dll, juga dari jamur. Selain itu beras juga
memiliki protein yang mengandung amino yang berbeda dan kacang - kacangan, tetapi itupun masih kurang lengkap atau tidak mencukupi. Perlu diingat, bahwa kacang - kacangan adalah sumber protein nabati. Sedangkan sayur-sayuran dan buah adalah sumber vitamin dan mineral. Jadi apabila ada orang yang hanya mengkonsumsi sayur-sayuran, maka akan mengalami kekurangan protein.

Kelebihan Vegetarian
 
Dr. Fiastuti menjelaskan, apabila orang mengkonsumsi sumber protein hewani seperti daging merah, ayam, seafood yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol tinggi, maka orang tersebut berisiko memiliki kolesterol tinggi. Vegetarian pun akan terhindar dan makanan yang mengandung lemak. Sehingga tidak mengalami kegemukan dan dapat mengurangi resiko-resiko penyakit seperti jantung, kanker, diabetes dan lain-lain. Selain itu tubuh pun akan Iangsing, karena terhindar dan lemak. Lalu untuk vegetarian yang memilih vegan akan memilihi otot yang
mengecil. Sehingga akan sulituntuk tetap awet muda karena otot harus tetap terjaga.
 
Sumber Pola Makan Sehat
 
Dr. Fiastuti menjelaskan, bahwa pola makan yang sehat itu harus memiliki sumber karbohidrat sebagai sumber tenaga seperti dan roti, kentang, nasi, mie, ubi, singkong dan lain - lain, Lalu memiliki sumber protein yang seimbang baik dan protein nabati ataupun hewani karena
gabungan dan keduanya lebih baik untuk pembentukan protein dalam tubuh. Kemudian memiliki sumber lemak dan terakhir memiliki sumber vitamin dan mineral dan sayuran dan buah.

Tips
- Tips menjadi Vegetarian yang Baik

1.      Apabila Anda memutuskan untuk vegetarian vegan, maka Anda harus berusaha mendapatkan protein nabati dan berbagai jenis sember protein. Makin banyak akan makin bagus.
2.      Apabila Anda memilih lakto ovo vegetarian, mi adalah pilihan yang lebih baik karena
Anda memperoleh protein hewani dan nabati. Sehingga dapat mengurangi risiko penyakit yang disebabkan karena lemak.

0 Response to "Tips - Tips Vegetarian"