Pentingnya Kotak P3K bagi keluarga | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Pentingnya Kotak P3K bagi keluarga



Semua orang tentunya tidak luput dan risiko kecelakaan. Baik itu yang ringan maupun yang berat. Terutama di keluarga yang memiliki anak kecil, umumnya kerap terjadi kecelakaan - k ecelakaan kecil yang diperbuat oleh sang anak, seperti kepala terbentur, tangan teriris, lutut berdarah, berdarah karena roda gigi saat main sepeda dsb. Maka itu, sangatlah penting untuk menyiapkan kotak P3K di rumah. Kecelakaan ini bukan sesuatu yang diharapkan, namun diantisipasi dengan pengobatan yang memadai sebagal pertolongan pertama.
Fety Kusmiati Ningsih dan PMI Pusat mengatakan bahwa kotak P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) harus terdiri dan obat-obatan atau perlengkapan, seperti berikut:

1.      Kassa steril
2.      Plester perekat
3.      Cairan antiseptic (misalnya cairan povidone iodine, obat merah, dan
alkohol 70%)
4.      Termometer badan
5.      Obat penurun panas bagi dewasa dan anak. Di beberapa rumah terkadang kotak P3K berisi juga minyak kayu putih, salep antibiotik, obat tetes mata, dan obat tetes telinga. ini tidak mengapa karena disesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga. Tidak lupa juga sediakan obat-obatan khusus untuk anggota keluarga yang sakit kronik, misalnya obat asma, alergi, hipertensi (tekanan darah tinggi), serta kencing manis (diabetes mellitus).
Jenis obat-obatan tambahan ini bergantung dan kebutuhan dan masing-masing keluarga. Yang tidak kalah penting adalah, sertakan juga buku nomor telepon penting yang bias dihubungi dalam keadaan darurat, misalnya rumah sakit terdekat.
 
Kriteria P3K
Bagaimana memilih dan membuat P3K? itulah pertanyaan berikutnya yang banyak ditanyakan oleh kita. Kotak P3K ini, kata Fety harus diusahakan terbuat dan bahan yang ringan namun kuat, mudah dibawa, berwarna cerah, dan tidak gampang kemasukan air.
Alasannya, kotak P3K yang ringan dan mudah dibawa memudahkan kita untuk membawanya ke korban kecelakaan. Sebaiknya tidak perlu berukuran besar, namun cukup memuat barang-barang dan obat-obatan utama yang sering digunakan.
Kotak P3K juga seharusnya berwarna cerah dengan tulisan”P3K” yang besar agar mudah terlihat oleh siapa pun, termasuk anggota keluarga yang sudah tua. HaI ini penting karena biasanya orang yang sudah tua memiliki penglihatan yang kurang tajam.
Anjuran berikutnya, sediakan satu kotak P3K di rumah, dan satu di mobil. Kotak P3K sebaiknya selalu dibawa ketika bepergian atau pada acara liburan keluarga.
Kotak P3K dapat diperoleh di apotek atau toko lain, atau membuatnya sendiri. Jika Anda memutuskan untuk membuat salah satu kotak P3K, pilihlah kotak yang lapang, tahan lama, mudah dibawa, dan mudah dibuka. Alternatif lain, kotak yang terbuat dan plastik yang sering digunakan untuk meryimpan berbagai perlengkapan cukup ideal karena biasanya ringan dibawa, memiliki pegangan,dan menyediakan ruang yang cukup.
Selain memahami pemilihan kotak P3K, Ada baiknya Anda juga mernahami cara pemberian P3K yang benar. Setidaknya untuk kecelakaan ringan seperti terbentur, memar, pendarahan, dan luka lecet. Akan percuma jika Anda mempunyal sarana yang bagus tapi tidak tahu teknik dasar P3K. Jika Anda sudah memahaminya, ajaklah anggota keluarga yang lain untuk mempelajarinya, sehingga mereka tidak sepenuhnya tergantung pada Anda.
 
Hal perlu diperhatikan
Menyimpan kotak P3K tidak boleh sembarangan. Demikian juga perlakuan terhadap masing-masing obat di dalamnya. Berikut beberapa aturan yang perlu Anda ketahui seputar kotak P3K:
·       Simpanlah kotak P3K di tempat yang kering dan sejuk. Jangan tempatkan kotak P3K di dekat kompor, wastafel, atau tempat yang terkena sinar matahari langsung.
Obat-obatan yang ada di dalamnya bisa mengalami perubahan sehingga tidak layak dikonsumsi, bisa karena khasiatnya berkurang, bisa juga karena justru membahayakan. Sinar matahari dan hawa panas juga dapat mengurangi masa kadaluarsa obat sehingga obat sudah mengalami perubahan warna dan rasa meski masa kadaluarsanya masih lama.
·         Letakkan di tempat yang jauh dan jangkauan anak-anak, misalnya di dinding setinggi kira-kira 1,5 meter. Jangan Ietakkan kotak P3K di meja atau lemarii sehingga mudah dijangkau oieh anak-anak. Hal ini penting sekali diperhatikan oleh para orangtua terutama yang memiliki balita. Sebanyak yang masih balita belum paham mengenai obat, dan seringkali mereka menyangka obat adalah minuman yang enak. Jika tidak terpantau oleh orangtua, si anak bisa membuka tutup obat dan meminumnya!
·     Sebaliknya,Ietakkan kotak P3K di tempat yang mudah dijangkau oleh orang dewasa. Jangan letakkan kotak P3K di tempat yang terlalu tinggi seperti di atas lemari.
·      Letakkan kotak P3K di tempat yang terbuka dan mudah dilihat. Jangan letakkan kotak P3K di dalam lemari yang tertutup. Lokasi yang terbuka akan memudahkan anggota keluarga untuk mengambil obat-obatan. Selain itu, penting juga bagi orang lain yang bukan anggota keluarga untukmengetahui kotak P3K jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di rumah tersebut.
·         Periksalah secara teratur masa kadaluarsa masing-masing obat. Segera buang obat-obatan yang sudah kadaluarsa, atau jika obat sudah mengalami perubahan warna, rasa dan bau, Jika Anda sudah memiliki kotak P3K di rumah, maka pertolongan pertama pada kecelakaan sudah dapat Anda berikan. Namun jika Anda belum memilikinya,maka segeralah membeli atau membuatnya agar suatu saat terjadi kecelakaan di rumah, Anda dapat menanganinya dengan cepat dan tepat.





0 Response to "Pentingnya Kotak P3K bagi keluarga"