Efek Negatif Jus Buah | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Efek Negatif Jus Buah


Kita seringkali menikmati minuman yang terbuah dari buah, seperti sop buah, es buah dan juga jus buah. semua menu minuman tersebut berasal dari buah dan orang sering memilih untuk minum yang berasa segar dan alami khususnya seperti Jus buah. Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa jus buah itu merupakan suatu hal yang menyehatkan. Namun, manfaat kesehatan jus buah tidak seperti yang pernah kita bayangkan. Dalam kondisi tertentu, jus buah juga menyimpan bahaya bagi kesehatan.
DR. Dr. Parlindungan Siregar, SpPD-KGH memaparkan sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa risiko pembentukan batu pada ginjal dapat meningkat dengan mengkonsumsi jus apel. Dan pemaparan Dr. Parlindungan, dapat disimpulkan bahwa risiko batu dapat meningkat 35 persen bila dalam sehari mengonsumsi 240 m jus apel dan meningkat 37 persen pada jus anggur.
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of clinIcal Nutrition tahun 2003, jus apel dapat meningkatkan kalsium oksalat dan asam urat dalam urine Kalsium oksalat dan asam urat merupakan zat yang paling banyak memicu terbentuknya batu ginjal”Berdasarkan penelitian dan banyak pendapat, tidak tahu penyebabnya apa namun kenyataannya memang demikian. Tidak hanya jus apel kemasan, jus apel yang dibuat sendiri juga begitu, tukasnya.
Menurut Dr Panlin, buah apel sendiri sudah dapat meningkatkan risiko batu ginjal, terlebih pada orang-orang yang memang berisiko. Bila diolah menjadi jus apel, tentu saja jumlah buah yang digunakan Iebih dan satu sehingga makin meningkatkan resikonya. ‘Jadi kalau makan apel mending Iangsung saja buahnya, tidak usah dibuat jus, saran Dr Parlin. Air putih yang mengandung magnesium juga sangat mempengaruhi terbentuknya batu ginjal dan bisa berakhir menjadi Penyakit Ginjal Kronis.
 
Bukan Sembarang Minuman
Dalam praktiknya frekuensi penderita Penyakit Ginjal Kronis (PGK) terus meningkat setiap tahun. Studi populasi yang dilakukan di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali menunjukkan bahwa prevalensi penyakit ginjal kronis mencapai sekitar 8,6 persen dan total penduduk lndonesia, ujar Dr. Dharmeizar, Sp.PD-KGH. PGK merupakan kondisi dimana fungsi ginjal menurun secara bertahap atau hilang secara keseluruhan. Saat fungsinya mengalami penurunan, ginjal akan mengalami kesulitan untuk menyaring racun dan cairan, sehingga sampah dan cairan berlebih tetap berada dan terakumulasi dalam tubuh. Penyebab paling umum adalah penyakit hipertensi dan diabetes dimana keduanya sangat berkaitan erat dengan pola asupan nutrisi dan gaya hidup. Menjaga kesehatan ginjal diutarakan Dr. Dharmeizer, dapat dilakukan dengan 8 langkah, yaitu menjaga kesehatan dan rutin berolah raga, menjaga kadar gula darah tetap stabil, menjaga tekanan darah dalam batas normal, mengonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan, minum banyak air putih, tidak merokok, tidak mengkonsumsi obat sembarangan serta memeriksa fungsi ginjal segera apabila memiliki salah satu atau lebih faktor risiko, “Mereka yang mengonsumsi sedikit air memiliki risiko yang Iebih tinggi untuk menderita batu ginjal. Oleh sebab itu, penting untuk mengkonsumsi air sesuai dengan kebutuhan demi memelihara kesehatan ginjal” Melihat peran penting air bagi ginjal, penting untuk memastikan air yang kita konsumsi sudah berkualitas baik Secara umum, menurut Dr. Parlin, syarat air putih yang layak minum adalah harus jernih, tidak berasa, tidak berbau, kandungan kuman rendah, serta kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium rendah.
Pentingnya memperhatikan factor - faktor tersebut dalam memilih air minum ternyata harus diperhatikan. Selain jus apel dan jus anggur, jenis minuman ringan seperti kola yang diasamkan menggunakan asam fosfat, dapat memicu terjadinya batu ginjal. Konsumsi 240 ml teh dan kopi per hari ternyata dapat menurunkan risiko pembentukan batu, serta jus jeruk yang ternyata cocok untuk pencegahan kalsium oksalat, asam urat, dan batu sistin.
Dengan demikian, jelas bahwa tdak semua air dapat bermanfaat bagi tubuh. Memastikan air yang dikonsumsi Anda dan keluarga memiliki kondisi yang baik sangat penting untuk memelihara kesehatan, terutama ginjal.
RESUME 8 TIPS menurut dokter  Dr. Dharmeizar, Sp.PD-KGH dari artikel diatas adalah
1.      Menjaga kesehatan dengan rutin melakukan kegiatan berolah raga
2.      Menjaga kadar gula darah tetap stabil
3.      Menjaga tekanan darah dalam batas normal
4.      Mengonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan
5.      Minum banyak air putih
6.      Tidak merokok
7.      Tidak mengkonsumsi obat sembarangan

0 Response to "Efek Negatif Jus Buah"