Penyebab DBD (Demam Dengue) dan chikungunya


gambar nyamuk
Hewan apa yang bisa membuat anda dan keluarga anda  terjaga semalaman? Tiada lagi jawabannya kalau bukan nyamuk. nyamuk di dalam kamar, bisa membuat malam biasa menjadi malam yang sangat panjang. Satu nyamuk saja dapat membuat acara tidur jadi
berantakan. Yang membuat jengkel adalah karena ukurannya yang kecil nyamuk menjadi sulit diburu apaIagi jika nyamuk di rumah Anda gesit-gesit dan pintar berkelit. Bagi sebagian orang, nyamuk tidak hanya aktor antagonis dalam skenarlo dalam mimpi yang indah. Gigitan nyamuk dapat menimbulkan alergi kulit, malaria, hingga penyakit yang populer di Indonesia, demam berdarah.
MALARIA
lstilah malaria berasal dan kata “malarea” Bukan area pusat perbelanjaan. Nama ini muncul karena malaria pertama kaIi timbul di daerah yang kumuh dan kotor, sehingga diduga disebabkan oleh polusi udara. Namun, belakangan baru diketahui bahwa malaria disebabkan oleh parasit yang disebut Plasmodium. “Selain penggunaan inteksida, kelambu masih menjadi upaya efektif pencegahan penyakit malaria. Untuk tahun 2014 jumlah
kelambu yang akan dibagikan yaitu 6,3 juta kelambu.
Malaria terutama ditemukan di benua hitam alias benua Afrika. Namun, Indonesia sebagai negara tropis pun tidak luput dan serangannya. Di Indonesia, malaria paling banyak ditemukan di Papua dan Kepulauan Maluku, disusul oleh Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Data per Januari 2014, persentase kasus malaria terbanyak masih berada di Indonesia bagian timur. “Di Papua sendiri sebanyak42,65%,
Gejala malaria umumnya mulai timbul dalam 10 hari hingga 4 minggu setelah gigitan nyamuk. Tetapi beberapa jenis malaria dapat bertahan di dalam tubuh selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Malaria sejak dahulu menjadi momok terbesar di daerah endemik malaria. Sama halnya dengan di Indonesia, anak-anak adalah kel ompok terbesar rawan mengalami komplikasi malaria. Malaria adalah penyakit yang mematikan dan
mengerikan. Karena itu, WHO menaruh perhatian besar terhadap penyakit ini. Beberapa program WHO dan organisasi non-profit bahkan memfokuskan diri pada pemberantasan malaria. Malaria dapat dicegah dengan memberantas dan mencegah gigitan nyamuk Anopheles. Tindakan sederhana seperti menggunakan kelambu di tempat tidur, dapat menghindarkan dan gigitan nyamuk Anopheles pembawa Plasmodium. Sembari menghindari gigitan nyamuk, tentu diperlukan tindakan-tindakan untuk memberantas nyamuk Anopheles, yaitu dengan membunuh nyamuk dan memelihara kebersihan lingkungan. Jika lingkungan bersih, nyamuk diharapkan menjadi enggan untuk berkembang biak. Nyamuk Anopheles sendini senang berkembang biak di air laut atau daerah rawa. Nyamuk ini lebih sering
menggigit pada malam hari. Nyamuk Anopheles mendapatk an Plasmodium dan penderita mal aria. Untuk itu, penderita malaria harus diisolasi agar penyakitnya tidak menyebar melalui gigitan nyamuk. Jika Anda berencana untuk berkunjung ke daerah endemik, dapat juga minum obat pencegah malaria setidaknya satu bulan sebelum berangkat. 

DEMAM DENGUE
Demam dengue dan demam berdarah adalah salah satu penyakit yang populer di Indonesia. keduanya disebabkan oleh virus yang sama, yaitu virus dengue. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk. Jika infeksi virus dengue menyebabkan demam tanpa pendarahan, maka ini disebut dengan dengue. Namun jika disertai dengan tanda-tanda perdarahan, maka ini di sebut dengan demamberdarah dengue (DBD). ’Demam
berdarah dengan dengue dapat menimbulkan dampak yang fatal. Karena itu, diperlukan upaya untuk mengurangi populasi nyamuk agar penyebab virus juga terhambat,’ ujar dr.
Dian Ermawati Mkes, Kepala Dinas ‘kehatan Provinsi DKI Jakarta. tidak sembarang nyamuk
membawa demam berdarah. Adalalah nyamuk Aedes aegypti, yang kedua musim penghujan menjadi yang merupakan musuh para jumantik. Jumantik : adalah juru pemantau jentik. yaitu
orang - orang yang mencari dan memantau ada tidaknya jentik nyamuk
Aedes aegypti, di rumah-rumah warga. Jumantik biasanya akan berkeliling seminggu sekali untuk masuk ke rumah warga secara acak dan melihat tempat-tempat penampungan
- di rumah. Jumantik bisa berasal dari petugas kesehatan setempat atau dan warga sekitar yang peduli demam berdarah. ”Bahkan siswa - siswi Sekolah Dasar, yang kita sebut bagai jumantik cilik jelasnya. Meski ada jumantik, Anda dapat melakukan pengawasan jentik di rumah anda sendiri. Cara melihat jentik nyamuk Aedes aegypti sangat mudah dan modalnya hanya satu, yaitu senter. Gunakan senter untuk menyorot tepian bak mandi atau tempat penampungan air Iainnya. Jentik nyamuk Aedes aegypti sering terdapat di pojok-pojok dan di tepi tempat penampungan air, bahkan dapat juga terlihat di permukaan air. Berbeda dengan nyamuk lainnya, jentik nyamuk Aedes aegypti Iebih menyukai air yang jernih di bandingkan dengan air yang kotor. Selain bak mandi dan tempat penampungan air, jentik Aedes aeqypti sering bersem bunyi di benda-benda yang dapat menampuang air atau air hujan. Maka, jangan heran jika jentik dapat ditemukan di pot bunga, kaleng bekas, ban bekas di halaman, di bagian bawah dispenser air minum, atau bahkan di genangan air yang tidak sengaja terbentuk di rumah saat hujan. Ini juga yang menyebabkan demam berdarah Iebih sering terjadi pada musim hujan.
‘Memberantas jentik cukup mudah. Hanya dengan rajin menguras bak, menutup tempat penampung an air, dan mengubur benda - benda yang dapat menampung air hujan kita dapat mencegah nyamuk bertelur di sana,”jelasnya. Selain itu, Anda juga dapat menaburkan bubuk Abate ke dalam tempat penampungan air. 




 gambar tempat penampungan air
Ternyata tidak hanya zebra atau harimau yang punya belang. Nyamuk Aedes aegypti dewasa pun memiliki belang hitam dan putih di kakinya. Berbeda dengan nyamuk Iainnya, Aedes aegypti Iebih senang berkeliaran pada pagi dan sore hari. OIeh karena itu, fogging lebih baik dilakukan pada jam-jam ini. Fogging adalah salah satu cara efektif untuk membunuh nyamuk Aedes aegypti dewasa. Namun, jika jentik tidak ikut diberantas, maka percuma saja melakukan fogging. Karena nyamuk mi senang menggigit pada pagi dan sore hari, yaitu pada saat manusia beraktivitas, maka Anda dapat mencegah gigitan dengan menggunakan pakaian berlengan panjang dan celana panjang. Saat berkunjung ke daerah endemik demam berdarah, ada baiknya menggunakan penolak nyamuk. Anda juga dianjurkan menahan diri untuk tidak keluar rumah sedikitnya dua jam setelah matahari terbit dan sebelum matahani tenggelam.
Sama seperti malaria dan penyakit lain yang juga disebarkan oleh nyamuk, Anda dapat
Cara mencegah DEMAM DENGUE (DBD)
1.      Menutup dan mengurang tempat penampungan air,
2.   Mengubur benda-benda bekas dan sampah yang dapat menampung air hujan secara tidak segaja,
3.      Mengenakan pakalan yang tertutup agar tidak digigit nyamuk,
4.      Menggunakan penolak nyamuk,
5.      Serta melakukan fogging.
6.   Untuk mencegah gigitan nyamuk di rumah, kebersihan rumah perlu dijaga, dan tidak ada salahnya memasang kawat nyamuk serta kelambu di tempat tidur.
menggunakan kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk. Tetapi untuk Saat ini, vaksin demam berdarah sudah mulai ada. Vaksin ini masih sudah dikembangkan dan sudah dalam percobaan.
CHIKUNGUNYA

Chikungunya adalah penyakit virus yang disebabkan oleh penyakit Chikungunya. Gejala chikungunya mirip dengan demam dengue. Sebut saja demam, nyeri otot, sakit kepala, mual, badan lemas, dan timbul ruam-ruam. Karena miripnya gejala ini maka chikungunya sering tidak terdeteksi atau salah terdiagnosis sebagal demam dengue. Meski demikian, gejala utamanya biasanya adalah nyeri hebat pada otot dan sendi, bahkan tidak jarang penderitanya menjadi sulit untuk bangun dan tempat tidur dan melakukan aktivitas sehari-hari. Parahnya, nyeri mi dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu.
Sama seperti dengue, chikungunya dapat menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang terinfeksi. Nyamuk-nyamuk ini aktif pada siang hari, terutama pada dini hari dan sore hari menjelang maghrib. Nyamuk - nyamuk ini dapat ditemukan di luar ruangan maupun di dalam rumah, dan menimbulkan penyakit dalam 4-8 hari setelah gigitan nyamuk.
Untuk mencegah chikungunya, diperlukan upaya untuk menyingkirkan lokasi perkembangbiakan nyamuk sejauh mungkin.
Cara mencegah CHIKUNGUNYA
Tindakan - tindakan yang dapat dilakukan sama seperti pada pencegahan demam dengue dan demam berdarah dengue. Di antaranya:
1.      Menutup dan mengurang tempat penampungan air,
2.   Mengubur benda-benda bekas dan sampah yang dapat menampung air hujan secara tidak segaja,
3.      Mengenakan pakalan yang tertutup agar tidak digigit nyamuk,
4.      Menggunakan penolak nyamuk,
5.      Serta melakukan fogging.
6.    Untuk mencegah gigitan nyamuk di rumah, kebersihan rumah perlu dijaga, dan tidak ada salahnya memasang kawat nyamuk serta kelambu di tempat tidur. 

Demikian posting kali semoga bermanfaat bagi kita semua

0 Response to "Penyebab DBD (Demam Dengue) dan chikungunya"