Mewaspadai Penyakit di Musim Pancaroba | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Mewaspadai Penyakit di Musim Pancaroba

ilustrasi dari orang yang terkena penyakit di musim pancaroba

Pada saat ini sebagian besar wilayah indonesia sedang mengalami musim pancaroba. yang ditandai dengan adanya sinar matahari yang sangat terik saat siang hari sehingga suasana amat sangat panas dan kemudian dapat berubah cepat sekali menjadi hujan yang tidak sebentar tetapi lama sekali untuk berhentinya dan seiring dengan hal tersebut udarapun menjadi dingin. Perubahan cuaca secara tiba-tiba itulah yang disebut dengan musim pancaroba. 

Perubahan cuaca seperti ini memaksa tubuh harus bisa beradaptasi dengan kondisi cuaca tersebut. Untuk itulah dibutuhkan adanya stamina prima dan fit. Jika tidak, maka tubuh menjadi kurang dapat beradaptasi dan seiring dengan itulah maka akan timbul berbagai macam penyakit terutama bagi mereka yang sering terlalu semangat berkerja dan kurang istirahat.

Menurut Dr. Erni J. Nelwan, SpPD, dari bagian Divisi penyakit Tropik dan infeksi Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM, penyakit yang berkaitan dengan perubahan atau tepatnya dengan peralihan musim terutama adalah infeksi saluran nafas atau influenza, infeksi saluran cerna seperti diare dan demam tifoid, dan juga penyakit yang ditularkan melalui binatang kecil penghisap darah atau biasa disebut dengan nyamuk demam berdarah.

Sebenarnya penyakit ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut dan diare dapat terjadi sepanjang tahun. Namun suhu udara yang tidak stabil saat musim pancaroba dapat memberikan suasana yang mendukung untuk perkembangbiakan virus atau bakteri. Sehingga kuman penyebab penyakit menjadi lebih banyak. Pada musim pancaroba seringkali udara menjadi sangat kering atau temperature sangat panas dan ini merupakan kondisi yang sangat baik bagi kuman untuk berkembang biak.

Pada dasarnya, ISPA dan diare pada musim pancaroba tidak mempunyai gejala khusus yang berbeda dari kasus biasa. Kuman yang berada di udara atau terkontaminasi air atau makanan adalah jenis kuman yang sama yang dapat menyebabkan penyakit tersebut pada musim apapun.

Kelompok yang Rentan

Menurut dr. Erni, kelompok rentan yang mudah terkena infeksi dari penyakit pada musim pancaroba adalah anak-anak, usia lanjut, orang-orang dengan penyakit yang menyebabkan daya tahan tubuh turun atau menurun. Dimana pada kelompok tersebut kemampuan untuk mengatasi penyakit lebih lemah, sehingga selain mudah sakit juga mudah tertular penyakit dari lingkungan.
Pada musim pancaroba, kelompok tersebut itu memiliki resiko terinfeksi lebih besar. Namun demikian mengingat paparan musim dapat mengenai semua orang, maka pada musim pancaroba ini siapapun memiliki resiko yang relative sama. Pada musim tersebut, kuman juga menjadi tahan lebih lama di udara, sehingga penularan penyakit  jadi lebih mudah. Sedangkan untuk kuman-kuman yang berada di dalam makanan atau minuman, musim pancaroba berkaitan dengan kebersihan pengolahan makanan dan minuman itu sendiri.

Cara Pencegahan

Secara umum pencegahan penyakit saat pancaroba tidak berbeda dengan pencegahan penyakit pada musim lain. Perlu diketahui bahwa proses terjadinya penyakit terutama penyakit infeksi terdapat tiga komponen penting yang terlibat yaitu kuman penyebabnya, Manusia sendiri dan lingkungan. Perubahan iklim pada musim pancaroba termasuk factor yang tidak bisa di modifikasi. Namun demikian, ada beberapa hal yang penting untuk bisa menjaga kesehatan tubuh seperti vaksinasi untuk kuman influenza, mencuci tangan secara rutin sebelum makan, menggunakan masker bagi yang batuk, tidak jajan atau memiliki makanan dan minuman yang terjamin kebersihannya.
Dr. Erni memberikan tips agar tubuh  tetap fit di musim pancaroba, yaitu kurangi kontak dengan seseorang yang sedang batuk atau pilek, tidak jajan di tempat-tempat yang tidak terjamin kebersihannya. Pada dasarnya pola hidup sehat yang diterapkan untuk tetap fit dapat diterapkan pula pada upaya pencegahan penyakit di musim pancaroba.
Oh ya, sebagai tambahan penyakit pada musim pancaroba adalah flu, dan biasanya sering terjadi.
Dan berikut merupakan apa yang harus dikerjakan dan apa yang tidak boleh dilakukan untuk mengurangi resiko terkena flu
Hal yang harus dilakukan:
  • ·         Cuci tangan
  • ·         Berdirilah dengan jarak satu lengan panjang dari jarak orang yang sedang terkena flu
  • ·         Hindari tempat yang ramai
  • ·         Makan makanan yang bergizi dan banyak minum air
  • ·         Banyak tidur dan istirahat

Hal yang tidak boleh dilakukan:

  • ·         Jangan meludah di tempat umum
  • ·         Jangan meminum obat tanpa konsultasi dengan dokter

Kemudian JIka anda sakit maka:
  • ·         Menutup mulut ketika batuk atau bersin
  • ·         Diam di rumah dan membatasi kontak dengan orang lain
  • ·         Sebanyak mungkin istirahat dan memperbanyak cairan
  • ·         Berkunjunglah ke Klinik, Rumah sakit atau ke dokter terdekat
 Demikian Posting kali ini semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Mewaspadai Penyakit di Musim Pancaroba"