Cara menyiapkan anak menghadapi ujian sekolah | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Cara menyiapkan anak menghadapi ujian sekolah


Mendekati masa ujian sekolah, banyak sekali orang tua yang panik dan tidak tahu bagaimana cara mempersiapkan anaknya dalam menghadapi ujian sekolah. ujian sekolah untuk tingkat dasar biasanya dilaksanakan pada akhir bulan mei, sebagai orang tua pasti ingin anaknya lulusdan mendapatkan nilai yang memuaskan. ujian tak ubahnya semacam pertandingan atau perlombaan, ketika anak akan mengikuti ujian tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan. persiapan tersebut sangat menentukan karena akan berpengaruh terhadap hasil akhir. berikut ini adalah ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu putra-putrinya mempersiapkan ujian, tentunya tidak harus dengan menakut-nakuti anak sehingga akan ketakutan terlebih dahulu sebelum ujian.
Langkah-langkah tersebut adalah:
  1. Mintalah kisi-kisi soal ujian sekolah kepada guru kelas
  2. Pelajari kisi-kisi yang sudah diberikan
  3. buatlah contoh soal yang sesuai dengan indikator pada kisi-kisi
  4. Ajaklah anak mengerjakan soal-soal latihan yang orang tua buat berdasarkan kisi-kisi ujian.
  5. Ajaklah anak mengerjakan soal-soal yang ada di buku latihan soal yang sesuai kisi-kisi
  6. ikutkanlah  anak-anak kegiatan try out agar anak terbiasa mengerjakan soal-soal dengan alokasi waktu yang ditentukan.
  7. Pahami dan jelaskan tata tertib dalam ujian kepada anak, tata tertib tersebut yaitu peserta ujian memasuki ruangan setelah tanda masuk di bunyikan yaitu 15 menit sebelum ujian di mulai, peserta ujian dilarang membawa alat komunikasi elektronik (kalkulator, tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun) kedalam ruangan, peserta ujian mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mengerjakan ujian. peserta ujian mengisi identitas pada lembar jawaban secara lengkap dan benar,Peserta ujian erhenti mengerjakansoal ujian setelah ada tanda berakhirnya waktu ujian .
  8. Pahami dan jelaskan kepada anak hal-hal yang dilarang dalam ujian,yaitu : Menanyakan jawaban ujian kepada siapapun,bekerjasama dengan peserta lain,mempelihatkan pekerjaan pada peserta lain atau sebaliknya,Membawa soal ujian dan lembar jawaban ujian ke luar ruangan.
  9. Yakinkanlah kepada anak bahwa anak pasti bisa mengerjakan soal ujian dengan baik.
  10.  Sebelum dan sesudah melaksanakan ujian ajaklah anak terbiasa berdoa.  
 Demikianlah beberapa hal yang bisa kita siapkan sebagai orangtua.Ujian sekolah bukanlah satu-satunya cara untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa.Jadi jangan panik,mari hantarkan anak kita meraih keberhasilan akademik sesuai dengan kemampuannya.jangan paksa anak mendapatkan nilai yang istimewa kalo memang dia tidak mampu.

0 Response to "Cara menyiapkan anak menghadapi ujian sekolah"