Cara Mengenali tanda-tanda anak menggunakan Narkoba | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Cara Mengenali tanda-tanda anak menggunakan Narkoba

Berdasarkan temuan BNN angka pengguna Narkoba terus bertambah dari tahun ke tahun. Dan hanya terungkap dari berbagai temuan kayu yang tercatat.
Meski mengancam seluruh lapisangan masyarakat. Kaum muda adalah kelompok yang paling rentan terkena Narkoba.

Narkoba adalah terjemahan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba, Alkohol dan Zat Aditif). Pemakai Narkoba akan mengalami ketergantungan pada zat tersebut. Sehingga, sekali pakai, akan muncul keinginan untuk memakai lagi dan lagi. yang akhirnya semakin dipakai semakin tergantung dan rusaklah fisik, mental, perilaku bahkan rohani pemakai.

efek buruk narkoba sangatlah mengerikan. membuat penggunaanya sulit sekali melepaskan diri ikatan Narkoba ditambah para pengedat dan produsen tidak akan pernah rela membiarkan pemakai lepas dari narkoba.

Penyalahgunaan narkoba di Indonesia terus meningkat. Bahkan ditemukan beberapa pabrik ekstasi di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa Indonesia telah menjadi salah satu Negara produsen narkoba.
Berat sekali perjuangan untuk melepaskan diri dari kecanduan Narkoba. Karena seorang pecandu Narkoba akan tergantung bukan saja secara psikologis tapi juga secara fisik.

Banyak pecandu berasal dari keluarga yang terbilang baik-baik. Masalahnya kondisi psikologis remaja memerlukan perhatian penuh dan penanganan yang cerdas. Jika orang tua tidak bisa lagi menjadi tempat berdialog dan mengadu, maka tidak menutup kemungkinan menyandarkan hati keteman-teman yang belum tentu baik.

Menurut Prof Dadang Hawari (Psikiater sekaligus Staf Ahli BNN) ada beberapa cara mengenali anak menggunakan Narkoba diantaranya adalah:
1.      Anak sudah mulai suka menyendiri, kerap keluar malam (Tidur siang bertambah dan banyak melek di malam hari), gonta-ganti teman, mengubah cara berpakaian, malas menekuni hobi, pola makan berubah, suka bolos sekolah dan prestasi belajar anjlok
2.      Anak sudah mulai merokok, meninggalkan sholat, suka melawan, sering kehabisan uang, sering terima telepon yang tidak jelas berlama-lama di kamar mandi.
3.      Keadaan sudah gawat kalo sudah mulai ada bekas suntikan di lengan anak, mata merah dan mengantuk terus, hidungnya pilek dan gatal, padahal tidak sedang flu.
4.      Banyak barang-barang berharga di rumah hilang
5.      Di dalam kamarnya silahkan diperiksa. Apakah ada pipa, kertas gulung, botol-botol obat ukuran kecil, obat tetes mata, korek api.

Itulah beberapa perilaku yang biasa di tunjukkan oleh pecandu Narkoba. Mari sayangi, dan Lindungi anak-anak kita. Hardikan dan amarah bukan cara yang efektif untuk menyadarkan para remaja yang kedapatan mengkonsumsi Narkoba. Lalu bagaimana cara efektif untuk menyadarkan mereka. Silahkan di baca “bagaimana cara menyadarkan pecandu Narkoba? Pada postingan berikutnya. Terima kasih

0 Response to "Cara Mengenali tanda-tanda anak menggunakan Narkoba"