Cara memilih model pembelajaran terbaik buat anak

Fitrah dari Alloh menanamkan rasa cinta dan kasih sayang terhadap buah hatinya. sayangnya wujud rasa cinta tersebut. telah menjelma menjadi target-target materialistik. Para orang tua berlomba-lomba memasukkan anak-anak mereka ke berbagai tempat-tempat les dan juga bimbingan belajar. bahkan para orang tua juga berlomba memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah internasional. Tak jarang juga kita lihat para orang tua mengikutkan anaknya yang berusia 2 tahun keatas ke berbagai les, seperti les membaca, menulis dan bahasa inggris dengan target tertentu.




Disinilah pentingnya orang tua memahami tumbuh kembang anak dan merancang konsep pendidikan yang tepat. termasuk jika orang tua memutuskan saat anaknya masuk sekolah. orang tua harus tahu persis bagaimana metode belajar yang digunakan dan harus tahu apakah proses pembelajarannya menyenangkan atau tidak. gurunya sayang atau tidak dengan anak, dan yang paling penting tanyakan pendapat anak, "Apakah dia senang ataukah tidak bersekolah disitu?".





Bagaimana dengan beragam pilihan sekolah?

  • Menurut Prof. Dr. Arief Rachman MPd. Pilihlah sekolah yang bisa menjawab tujuan pendidikan di indonesia, yaitu menciptakan anak yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, cerdas, bertanggung jawab dan demokratis.
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Apakah dunia pendidikan kita sudah mampu menghantarkan anak pada tingkat kedewasaan? 


Sekolah tetap dibutuhkan agar anak mendapatkan pendidikan akademik secara terstruktur. Sekolah yang bagaimana yang baik:

  1. Sekolah yang mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
  2. Sekolah yang mampu menjadikan lingkungan sekolah sebagai pembelajaran yang nyata bagi siswa
  3. sekolah yang dapat membentuk pribadi muslim yang utuh, mulai dari segi pemahaman, amal dan menumbuhkan kesadaran untuk menjadi pribadi yang sholeh dan shalihah.
  4. Sekolah yang dapat melahirkan insan muslim yang abid/shalih dan muslih.
Demikianlah artikel sederhana ini, semoga para orang tua kembali menyadari bahwa "Anak bukanlah milik kita, tapi amanah yang dititipkan Allah melalui rahim kita". Mari kita berikan hak-hak anak secara baik. Jangan sampai jiwa anak tak lagi merdeka, mereka terbebani dengan materi yang terlalu padat


0 Response to "Cara memilih model pembelajaran terbaik buat anak"