Bagaimana mengatasi anak yang suka jajan | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Bagaimana mengatasi anak yang suka jajan

 

Berawal dari hal yang cukup sederhana, yaitu uang receh untuk jajan. tapi di dalamnya ada konsep tanggungjawab, manajemen dan kebiasaan hidup yang harus dilakukan oleh orang tua apabila anak sudah terbiasa jajan? berikut ada beberapa hal yang biasa dilakukan:
  1. Jangan salahkan anak, bisa jadi, pola awal yang kita terapkan sebagai orang tua memang keliru. kiat sengaja memberikan uang jajan kepada anak biar tidak rewel
  2. Apabila anak sudah terlanjur terbiasa jajan, kurangi secara bertahap.
  3. Membiasakan memberikan/membawakan bekal makanan rumah. selain terjamin makanan yang bersih, sehat dan juga halal
  4. Berikan Reward/hadiah apabila anak sudah dapat mengurangi kebiasaan jajan.
  5. Ketika anak menangis bahkan sampai berguling-guling atau memaksa untuk minta jajan, jangan langsung trenyuh dan mengalah. Anak-anak itu menangis tidak apa-apa, karena menangis adalah luapan emosi, kecewa dan marah.
  6. Pahami perasaannya setelah anak-anak berhenti menangis, inilah saat yang tepat memberikan penjelasan, kenapa ibu membatasi jajan.
  7. Memberikan uang saku dapat dilakukan ketika anak-anak sudah mengenal konsep baik dan buruk. Mungkin sekitar usia 9 tahun.
  8. Apabila pemberian uang saku sudah mulai dilakukan, ajak anak untuk menghitung jumlah pengeluaran dalam sehari. jadi pemberian uang saku bisa diberikan setiap hari sesuai jumlah pengeluaran anak.
Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi anak yang suka jajan. semoga bermanfaat

0 Response to "Bagaimana mengatasi anak yang suka jajan"