Bagaimana memaksimalkan perkembangan otak anak dengan rangsangan | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Bagaimana memaksimalkan perkembangan otak anak dengan rangsangan

Otak terbagi dalam semacam ruangan-ruangan yaitu otak depan, samping, belakang, kiri dan kanan. tiap-tiap ruangan di huni oleh neuron dalam jumlah tertentu. setiap kali otak diberi rangsangan maka akan tercipta jaringan antar neuron dalam jumlah tertentu. makin banyak rangsangan yang bisa kita berikan maka akan berdampak positif bagi anak. otak anak akan berkembang lebih pesat.
saat otak kita menerima simulasi melalui penglihatan, pendengaran dan perabaan secara tidak langsung ada informasi yang masuk kedalam otak, lalu otak akan mengolah dan menyimpannya. sebagian informasi akan masuk kedalam ingatan jangka pendek. bila tidak di proses lebih lanjut, ingatan dibagian ini akan terhapus atau hilang. namun jika diolah informasi ingatan jangka pendek akan masuk kedalam ingatan jangka panjang. semua informasi tersebut akan diolah dan ditransformasikan dalam bentuk perilaku dan sikap.


langkah apa yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk memaksimalkan perkembangan otak anak:
  1. Simulasi orang tua harus dilakukan dalam suasana santai, penuh kasih sayang dan menyenangkan.
  2. Dilakukan dalam banyak variasi kegiatan diantaranya: akitifitas sehari-hari, misalkan makan bersama, mendampingi anak membaca buku cerita dan membacakan cerita sebelum tidur.
  3. Kegiatan Explorasi, seperti kegiatan naik sepede bersama keliling komplek atau juga kegiatan bermain bersama misalkan bermain kuda-kudaan, tebak gambar, dan bermain peran.
  4. Memberikan nutrisi yang baik untuk otak. Nutrisi yang baik untuk otak tercakup lengkap di dalam ASI, namun apabila tidak bisa memberikan ASI secara penuh bisa di tambahkan susu formula yang mengandung zat yang mirip dengan ASI.
  5. Memberikan makanan yang baik untuk perkembangan otak, diantaranya IKAN, SAYURAN. Ikan mengandung OMEGA 3 yang dapat menjaga jalannya darah ke otak dan membuat syaraf bekerja dengan level tinggi. kemudian Sayuran seperti Bayam, Brokoli dan kentang dapat mempengaruhi jalannya darah, menyediakan oksigen, nutrisi dan harmoni kedalam tubuh
  6. stimulasi idealnya diberikan sejak dini karena perkembangan anak selama 5 tahun pertama sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada 14 tahun berikutnya. perkembangan otak mencapai titik kulminasi saat laki-laki berusia 18 tahun dan wanita 21 tahun. pada titik ini bukan berarti otak berhenti berkembang, namun telah mencapai titik maksimal.
Demikianlah beberapa tips diambil dari beberapa sumber dengan beberapa tambahan, yang bisa kita lakukan untuk memberikan rangsangan atau simulasi pada otak anak, maka tidak ada kata terlambat. mulailah dari sekarang. Semoga bermanfaat.

    0 Response to "Bagaimana memaksimalkan perkembangan otak anak dengan rangsangan"