Bagaimana Cara Perawatan bagi seorang diabetes


Kelebihan kadar gula menyebabkan diabetes

Menurut WHO, diabetes adalah penyebab kematian ke-4 di dunia yang diakibatkan oleh penyakit kronis. akhir-akhir ini jumlah penderita diabetes semakin tinggi. ditengarai di picu oleh gaya hidup tidak sehat. karena faktor kesibukan akhirnya banyak yang mengkonsumsi makanan yang tidak sehat biasanya yang siap saji. seperti fast food dan juga gerak fisik yang minim dilakukan. gaya hidup yang seperti ini mudah menimbulkan kegemukan. dengan berat badan berlebih, resiko seseorang terkena diabetes semakin meningkat.
Dilingkungan sekitar kita, sangat disayangkan gaya hidup yang tidak sehat ini sudah diadopsi oleh anak-anak, terutama di wilayah perkotaan menyantap fast food justru sudah menjadi kegemaran dan juga menjadi kebiasaan mereka. Aktivitas bermain di luar rumah jarang dilakukan karena mereka lebih suka main game, HP atau menonton TV.
Walaupun anak-anak gemuk tampak menggemaskan, namun resiko terkena diabetes cukup tinggi. Prof. Sidartawan mensinyalir saat ini semakin banyak orang berusia mudah yang terdeteksi diabetes. Padahal dulu diabetes dikenal sebagai penyakit yang menyerang orang-orang tua saja.
Ada sekitar 4 jenis diabetes yang biasa ditemukan yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes gestasional dan diabetes bentuk lain. Seseorang dikatakan menderita diabetes apabila hasil pemeriksaan kadar gula darah mencapai 200 mg/dl atau kadar gula darah setelah puasa mencapai 126 mg/dl.
Lalu Bagaimana perawatan bagi seorang diabetes?
Apabila seseorang sudah terkena diabetes, maka tidak bisa disembuhkan. Yang bisa dilakukan adalah menjaga agar kadar gula dalam darah tetap normal, caranya yaitu:
1.      Aturlah pola makan, sehingga kadar gula dalam darah tetap normal. Seseorang diabetes dapat/boleh makan apa saja, namun perlu diatur jumlahnya.
2.      Lakukanlah olah raga secara teratur dengan olah raga teratur dapat menjaga kadar gula dalam darah.
3.      Gunakanlah obat-obatan oral dan suntik insulin sesuai dengan jenis diabetes yang disandang. Ini adalah terapi seumur hidup yang harus dijalani. Kedisiplinan dalam melakukan terapi dapat memperpanjang harapan hidup. Biaya perawatan untuk penyakit diabetes di Indonesia terhitung mahal.
Itulah beberapa cara yang bisa kita berikan kepada seseorang yang sudah terkena diabetes. Namun mencegah terjadinya diabetes adalah upaya yang lebih murah dan bisa kita mulai dari sekarang. Usahakan makan dengan polah yang teratur dan banyak gerak.

0 Response to "Bagaimana Cara Perawatan bagi seorang diabetes"