Bagaiman cara membuat kelas menjadi tempat yang menyenangkan | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Bagaiman cara membuat kelas menjadi tempat yang menyenangkan

Tempat belajar tidak selamanya harus berbentuk kelas yang penuh dengan meja, kursi dan papan tulis. Ruang belajar tidak selamanya juga dibatasi dengan peraturan semu yang membuat siswa menjadi tidak kreatif atau menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber pengetahuan, bahkan menjadikan guru sebagai satpam dan pemimpin otoriter.

Ruang belajar sebenarnya bisa dibentuk oleh seorang guru. Guru adalah fasilitas guna tumbuhnya kesadaran anak terhadap realitas kehidupan. Guru harus mampu menjadikan setiap anak didiknya menjadi "juara dalam hidup" bukannya hanya "juara dalam kelas".

Proses pembelajaran tidak hanya dilakukan dalam kelas. dimana saja diluar kelas, entah itu belajar bertani, mempelajari aktifitas di pasar, dikebun bahkan dikolam ikan. tempat-tempat di sekitar siswa bisa menjadi ruang pembelajaran yang melibatkan siswa dengan kenyataan lingkungan sosial yang ada. Melalui cara ini kecerdasan anak mendapatkan stimulasi yang lebih baik. karena anak belajar dengan menyenangkan sesuai tahap perkembangannya tanpa paksaan.

Berikut ini adalah beberapa foto kegiatan siswa yang dilakukan oleh siswa disebuah sekolah dasar islam terpadu didaerah cibubur. Sekolah ini cukup unik karena, Semua tempat di lingkungan sekolah bisa menjadi ruang pembelajaran bagi para siswanya.



gambar 1. belajar sambil bermain di halaman sekolah



gambar 2. belajar sambil bermain di lapangan sekolah


gambar 3. belajar dan praktek di kolam ikan


gambar 4. belajar dan ruang kelas


Semoga kegiatan siswa dapa memperkaya wawasan kita, bahwa dengan memaksimalkan peran lingkungan dalam pendidikan maka semangat, dinamika, kreativitas dan kecerdasan anak dapat terbangun.

0 Response to "Bagaiman cara membuat kelas menjadi tempat yang menyenangkan"