Anak suka membantah? Bagaimana cara mengatasinya?

Buah hati kita adalah anugerah yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya. Karena merupakan dapat diibaratkan harta titipan dari Alloh yang nilainya sangat berarti ketika telah menjadi dewasa. Kita yang memiliki buah hati selalu berusaha maksimal mungkin untuk mengarahkan dan mendidik mereka, namun terkadang anak suka berseberangan dengan kita atau suka membantah apa yang kita harapkan atau inginkan.

Ada beberapa cara yang kita bisa lakukan agar anak tidak suka membantah, yaitu:
  1. Sesungguhnya anak belajar dari apa yang dilihat, bisa jadi sikap suka membangkan dan marah-marah pada anak meniru dari sikap orang tua. Karena itu kita harus segera interospeksi diri apakah selama ini kita menumbuhkan kepatuhan dengan menggunakan ancaman/kekerasan.
  2. Jangan memberikan ancaman yang salah. misalnya menakut-nakuti anak dengan hantu atau polisi. Padahal polisi atau hantu tidak akan datang. Hal ini tentu saja akan menimbulkan persepsi bahwa ancaman orang tuanya hanya bohongan saja. Hal ini akan membuat anak semakin membantah.
  3. Tanya pendapat dan alasan anak, kenapa dia membantah, cari tahu penyebabnya. misalnya karena sering bergaul dengan anak yang suka membantah, keasyikan nonton TV atau main game.
  4. Konsisten terhadap peraturan yang telah disepakati bersama. jangan mudah mengalah menghadapi rengekan dan tangis anak. Tetapi jangan pula merubah-rubah peraturan tanpa alasan yang jelas. hal ini dapat menggoyahkan kepercayaan anak terhadap orang tua.
  5. Perhatikan apa yang dibantahnya. jika masuk akal dan bisa di terima. Kita sebagai orang tua hendaknya bisa bersikap bijaksana.
  6. Membangun komunikasi yang baik dengan anak. Hargai setiap pendapat dan tindakannya. Gunakan kata tolong apabila menyuruh anak melakukan sesuatu. Komunikasi dalam suasana yang akrab . Jadilah sahabat anak yang menyenangkan.
  7. Apabila anak melakukan kebaikan, jangan pelit dengan hadiah. Hadiah tidak harus berupa benda. Tapi bisa berupa kata-kata pujian.
  8. Berikanlah contoh bahwa kita sebagai orang tua tidak suka membantah di depan suami atau orang tua
  9. Tingkatkan kesabaran jangan mudah terpancing amarah ketika anak mulai membantah. apabila terlanjut mengucapkan kata yang tidak baik karena marah, segera istighfar.
  10. Senantiasa mendoakan anak-anak kita agar mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat dan menjadi anak yang sholih dan shalihah.
Demikian tips kali ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Anak suka membantah? Bagaimana cara mengatasinya?"