Mendidik anak Suka Menabung | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Mendidik anak Suka Menabung

Salah satu hal penting lainnya dalam mendidik anak adalah memberikan contoh atau keteladanan. untuk mendidik anak supaya dapat melakukan proses menabung secara otomatis diperlukan  adanya sebuah contoh teladan dan serta pergaulan sekitar rumah yang suka menabung, caranya adalah:
  1. Siapkan celengan untuk masing-masing anak (jika dalam sebuah rumah tangga mempunya anak lebih dari satu) dengan celengan yang berbeda-beda dan sesuai dengan keinginan dari masing anak, karena setiap anak mempunyai pandangan yang berbeda-beda.
  2. Bedakan Warna celengan sesuai dengan warna kesukaan anak dan diberikanlah tanda untuk nama atau label dari pemilik masing-masing anak.
  3. Setiap pagi setelah anak mendapatkan uang saku, ayah atau bunda dapat mengisikan uang ke dalam celengan yang posisinya langsing terlihat oleh anak sambil berkata "Wah celengan Ayah ataupun Bunda sudah melebihi kalian, Pasti Ayah atau mungkin bunda yang menjadi juara kali ini". dengan adanya ungkapan yang tercetus sseperti itu maka anak dapat termotivasi untuk melakukan hal serupa yang dilakukan oleh ayah atau Ibundanya.
  4. Cobalah dengan menggunakan sebuah trik untuk menawarkan sebuah hadiah terhadap anak apabila tabungan masing dalam kurun waktu yang telah ditentukan dengan kondisi bahwa jumlah tabungan lebih banyak dari saudara tua atau saudara mudanya.
  5. Cobalah untuk menempatkan celengan pada tempat strategis yang dapat untuk dijangkau oleh semua orang tapi dalam posisi yang aman sehingga apabila mempunyai uang saku yang tersisa dapat segera dimasukkan kecelengan.
  6. Uang yang dimasukkan ke dalam celengan tidak selalu merupakan pemberian dari orang tua. tapi dapat juga dari pemberian dari saudara, lingkungan ataupun yang lainnya.
  7. Biasakan anak memasukkan uangnya sendiri kedalam celengan seberapapun uang yang anak itu punyai.
  8. Celengan dibuka setiap akhir bulan dan dihitung jumlahnya secara bersamaan sehingga masing-masing dapat melihat secara langsung hasil usaha mereka saat menabung.
  9. Pemilik jumlah yang terbanyak menempati urutan tempat paling kanan dan diikuti oleh juara dua dan seterusnya.
  10. Saat uang yang keluar dari hasil celengan yang telah dibuka dan membolehkan anak untuk membeli sesuatu sesuai dengan keinginannya.
Tips diatas merupakan kumpulan dari sesuatu yang pernah saya lakukan. dan saya yakin pasti ada cara atau trik dari teman-teman lain yang dapat digunakan sebagai tambahan dalam artikel ini. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat juga bagi kita semua.

0 Response to "Mendidik anak Suka Menabung"