Kiat berbagi tugas rumah dalam keluarga | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Kiat berbagi tugas rumah dalam keluarga

Semua anaggota keluarga mulai dari, Ayah, Bunda, Anak (Kakak dan Adik) perlu dilibatkan dalam tugas rumah tangga sehari-hari. karena dapat meringankan tugas ibu, selain itu juga dapat mengajarkan rasa tanggung jawab, mandiri dan rasa percaya diri karena dengan diliatkannya anak akan menimbulkan rasa yang bermanfaat bagi diri mereka sendiri

10 Kiat-kiat tersebut antara lain adalah:
  1. gunakanlah kata-kata yang sifatnya mengajak dan bukan bersifat perintah misalkan "ayuk nak bersama Bunda, merapikan mainan"
  2. Menggunakan kata-kata yang lembut dan jangan mengancam atau merendahkan
  3. Membuat peraturan yang sudah di sepakati oleh anggota keluarga misalnya, "belum boleh menonton tv sebelum menyelesaikan tugasnya sehingga masing-masing belajar bertanggung jawab.
  4. Pembagian tugas harus sesuai dengan usia, sifat dan ketrampilan tiap-tiap anggota keluarga. misalnya anak usia 3 tahun membantu mengelap meja atau kursi, ayah atau suami membantu mencuci atau mengepel lantai. 
  5. Membiasakan anak dapat bertanggung jawab apabila melakukan kesalahan, misalkan  "Apabila anak menumpahkan air, ia bertanggung jawab membersihkannya", "Membiasakan setiap selesai makan, masing-masing anggota keluarga mencuci piring, sehingga cucian piring tidak menumpuk".
  6. Menanamkan kepada anggota keluarga bahwa kita adalah satu-kesatuan sehingga seluruh tugas dalam rumah harus diselesaikan secara bersama-sama dan saling tolong menolong
  7. Senantiasa mengingatkan kepada anggota keluarga bahwa setiap apa yang dikerjakan untuk membantu keluarga mendapatkan pahala.
  8. Memberikan contoh langsung kepada anak, bukan sekedar perintah.
  9. Memberikan hadiah kepada anak apabila dapat menyelesaikan tugasnya. Hadiah tidak harus berupa benda tetapi bisa berupa kata-kata pujian.
  10. Menciptakan suasana yang menyenangkan dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Misalkan menyiapkan makanan, Minuman dan lain-lain
Demikian untuk sementara kiat-kiat tentang berbagi, mungkin hal tersebut diatas masih ada kekurangannya dan mohon untuk dimaklumi. Karena banyak juga hal yang lain diatas yang dialami oleh keluarga lain. Semoga dengan yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Kiat berbagi tugas rumah dalam keluarga"