Cara sederhana menjaga kebugaran tubuh | INFO PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

Cara sederhana menjaga kebugaran tubuh


Kesehatan merupakan hal penting sekali bagi manusia. Mengapa bisa demikian? Ya kenapa bisa di katakan seperti itu karena jika seorang manusia tidak sehat atau sakit akan berimbas dengan kegiatan bagi seseorang. Contoh jika seseorang yang bekerja dilanda musibah penyakit tentu saja akan mempengaruhi pekerjaan, karena pekerjaan yang dilakukan setiap hari akan terasa berbeda tau menurun. Karena harusnya bisa focus pekerjaan dapat selesai 1 hari, maka dengan adanya musibah sakit maka kecepatannya untuk dikerjakan mundur menjadi 2 hari. Kemudian efek yang lainnya adalah biaya yang dikeluarkan adalah sangat besar, karena harus membayar obat, ongkos menginap jika penyakit tersebut berbahaya. Kemudian jika kodisi sakit, biasanya makannya tidak boleh sembarangan. Harusnya makanan yang biasanya dimakan ketika sehat tidak mengapa, tetapi saat sakit hal itu menjadi pantangan. Bagi seorang ayah atau ibu, kebugaran sangat diperlukan karena harus menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. dari bangun tidur sampai tidur kembali. apabila seorang ibu atau ayah sakit maka pekerjaan rumah terbengkalai. kebutuhan anggota keluarga lain tidak terpenuhi dengan baik.
Orang tua merupakan palang pintu dalam lingkup kecil dalam keluarga dalam hal kesehatan. Jika orang tua tidak peduli dengan adanya kesehatan dan kebugaran maka siap-siaplah untuk menerima tamu yang namanya penyakit, karena penyakit merupakan sebuah hal yang memang semua orang pasti akan mendapatkannya walaupun kadar yang dialami masing-masing orang itu adalah berbeda beda. Orang tua sangat dianjurkankan sekali untuk selalu berusaha untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, karena jika orang tua sudah dapat menerapkan hal ini maka penyakit akan jarang didapatkan. Dan kemudian jika orang tua sudah mengerti tentang hal-hal kesehatan, maka hal ini juga harus diajarkan kepada anak-anaknya sejak dini. Agar saat sudah besar anak-anak tersebut dapat menerapkan ilmu yang diberikan kepadanya keluarganya masing-masing.
Kemudian dari sisi lingkungan juga orang tua perlu adanya kewaspadaan terutama untuk hal-hal kecil seperti membuang sampah. Khususnya lingkungan perumahan pada jaman sekarang ini sangat tidak diharapkan karena kurang harmonisnya komunikasi dengan tetangga. Sehingga saat tetangga membuang sampah dalam wadah atau tong sampah kadang tercium bau yang tidak sedap dikarenakan pembungkusnya tidak rapat atau tong sampah tidak tertutup rapat (hal ini karena tetangga tersebut kurang memahami tentang kesehatan secara benar). Makanya komunikasi tentang kesehatan perlu juga dilakukan dengan tetangganya dan hal itu sebaiknya dilakukan dalam rapat RT atau komunikasi lain yang tidak menyinggung perasaan terhadap penghuni perumahan yang lain.
Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.
  1. Istirahat yang cukup, hindari melakukan hal-hal yang dapat merugikan tubuh dimalam hari (contohnya Begadang sampai malam hari saat nonton bola)
  2. Lakukan olah raga sesuai kemampuan secara teratur, dan jangan lupa minum air putih dengan secukupnya.
  3. Membiasakan makan makanan dengan pola yang teratur dan gizi yang seimbang (empat sehat, lima sempurna)
  4. Berusaha berpikir positif dalam menyelesaikan masalah
  5. Berusaha melakukan pekerjaan dengan tanpa tekanan
  6. Jaga hati dari penyakit iri dan hal-hal buruk lainnya dan selalu mensyukuri karunia Alloh
  7. Berusaha menjaga emosi agar jangan sering marah, karena marah menguras banyak tenaga dan cepat lelah
  8. Seringlah membasuh muka dengan berwudhu agar wajah tampil lebih segar dan ceria.
  9. Usahakanlah membaca artikel-artikel kesehatan agar dapat menambah wawasan kita
Selain dari tips diatas mungkin ada tips yang lain dari teman-teman yang lain dan dapat dijadikan patokan. Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

0 Response to "Cara sederhana menjaga kebugaran tubuh"