Bagaimana memilih mainan anak

Mainan bagi anak merupakan hal yang penting, karena dengan mainan anak-anak dapat belajar tentang segala hal. dari berbagai sumber yang pernah saya baca tentang perkembangan dengan cara merawat anak, termasuk cara memilih mainan ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan berkaitan dengan
tips memilih mainan anak. antara lain:
  1. Perhatikan tabel peringatan yang terdapat dalam tempat mainan.
  2. Pilih mainan yang aman untuk anak, memastikan mainan tersebut terbuat dari yang tidak tajam  atau yang membuat khawatir jika mainan tersebut mengandung unsur-unsur yang berbahaya.
  3. Pilih mainan yang sesuai dengan tumbuh kembang anak, jangan memberikan mainan yang ukuran terlalu kecil anak usia dibawah 3 tahun. Karena anak suka memasukkan sesuatu kedalam mulutnya.
  4. Pilih mainan sesuai dengan jenis kelaminnya, karena secara tidak langsung mainan membentuk pribadi anak. Namun sesekali dapat kita lakukan pertukaran peran dalam bermainan anak-anak memahami dan belajar peran laki-laki dan perempuan.
  5. Pilihlah mainan yang edukatif, untuk merangsang pertumbuhan otak anak. Misalnya Puzzle, Balok dan Abjad.
  6. Pilih bahan mainan yang kuat dan kokoh untuk alat bermainan yang di desain untuk dinaiki oleh anak. Misalnya Mainan beroda.
  7. Pilih warna yang cerah, karena warna pada mainan dapat menunjukkan kualitas bahan yang digunakan. Mainan yang bagus biasanya memiliki warna yang cerah dan tidak kusam.
  8. Berikan anak mainan yang beragam, dan berilah kesempatan anak untuk memilih sendiri mainan yang ia sukai. agar dapat diketahui bakat anak kelak. Sehingga sejak dini kita dapat mengarahkan anak sesuai dengan bakatnya.
  9. Bila harus membeli boneka, perhatikan bulu atau rambut boneka tersebut. Mudah rontok atau tidak. apabila tanpa sengaja anak sering menelan bulu atau rambut boneka, dikhawatirkan akan menimbulkan hair doll yang dapat menyumbat saluran pencernaan. 
  10. Jangan membeli mainan yang menimbulkan suara bising, dikhawatirkan mengganggu syaraf pendengaran anak.
  11. Ajarkan kegiatan yang mengasah kreatifitas anak dengan membuat mainan sendiri, seperti balon sabun dari sabun, topeng dari kardus susu bekas dan lain-lain
  12. melalui mainan, kenalkan anak-anak dengan agama dengan menggunakan gambar-gambar misalkan gambar masjid, gambar ka'bah dan lain-lain.
Tips diatas merupakan kiat-kita dalam memilih mainan untuk buah hati kita, masih ada beberapa tips yang lain yang belum sempat tersampaikan dalam penulisan ini, semoga dilain kesempatan dapat kami sajikan secara update, yang sedikit ini semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Bagaimana memilih mainan anak"